Terminal Tirtonadi Solo. ANTARA/Aris Wasita
Terminal Tirtonadi Solo. ANTARA/Aris Wasita

Gibran Malu Ada Pungli di Terminal Tirtonadi Solo

Triawati Prihatsari • 29 Juni 2022 19:15
Solo: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan kasus pungli (pungutan liar) di Terminal Tirtonadi Solo yang viral di media sosial masuk ranah Kementerian Perhubungan. Dia mengeklaim Solo bebas pungli dan segala bentuk layanan untuk masyarakat gratis.
 
"Ya (Solo) malu, dikiranya kan orang saya. Itu wewenang Kemenhub ya. Nanti saya komunikasikan. Yang pasti kalau di Solo layanan gratis," ujar Gibran, di Solo, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Dia juga meminta pada masyarakat yang menemukan kejadian serupa (pungli) di Solo untuk tidak segan melaporkan langsung pada drinya. Laporan sapat dilakukan dalam bentuk foto maupun video. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, kejadian dugaan pungli yang terjadi di Terminal Tirtonadi viral di media sosial tik tok. Terlihat dalam video tersebut seorang petugas berseragam tampak melakukam transaksi dan menerima yang diduga uang di bawah kertas yang dipegangnya. 
 
Baca juga: Tim Saber Pungli Rekomendasikan Kepsek SMKN 5 Kota Bandung Dicopot

Koordinator Terminal Tipe 1A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto membenarkan kejadian yang viral tersebut. Menurutnya, peristiwa pungli tersebut terjadi sebulan lalu. 
 
"Kejadian itu sudah sebulan yang lalu, viralnya baru sekarang. Dan itu oknum. Kami sudah rekomendasikan untuk tidak memperpanjang kontrak kerjanya sebagai sanksi. Dia merupakan tenaga kontak," beber Koordinator Terminal Tipe 1A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto. 
 
Berdasarkan pengakuan oknum tersebut, pungli yang dilakukannya merupakan pertama kalinya.
 
"Dia mengaku pertama kalinya dan sempat ragu menerimanya. Tapi apa pun itu karena kesalahannya fatal, sanksi pecat tetap ditegakkan," ungkapnya. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif