Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Tim Saber Pungli Rekomendasikan Kepsek SMKN 5 Kota Bandung Dicopot

Antara • 29 Juni 2022 18:47
Bandung: Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Jawa Barat merekomendasikan pemberhentian sementara Kepala SMKN 5 Bandung atas dugaan pungli di sekolah tersebut. Hal itu untuk memudahkan pemeriksaan terhadap oknum kepsek yang berinisial DN tersebut.
 
"Jadi, Saber Pungli telah melakukan gelar perkara terkait dengan hasil pemeriksaan di SMKN 5 Bandung," kata Kabid Data dan Informasi Saber Pungli Jawa Barat Yudi Ahadiat di Bandung, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Selain soal pemberhentian sementara, Yudi mengatakan pihaknya melimpahkan gelar perkara itu ke Inspektorat Jawa Barat terkait dengan kasus dugaan pungli di sekolah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dilimpahkan ke Inspektorat Jawa Barat untuk pemeriksaan pengelolaan keuangan secara komprehensif," katanya.
 
Pada saat operasi tangkap tangan, Tim Saber Pungli menangkap lima orang, yakni DN selaku kepala sekolah, wakil kepala sekolah berinisial EB, TTG, dan AT selaku pegawai kontrak, dan TS selaku operator.
 
Baca: Pungli di SMKN 5 Bandung, Disdik Jabar Diminta Evaluasi PPDB

Terkait dengan gelar perkara, pihaknya baru merekomendasikan saksi pemberhentian sementara bagi DN. Sedangkan empat orang lainnya itu masih bisa beraktivitas seperti biasanya.
 
"Dari hasil pemeriksaan, mungkin ada dikenai sanksi permanen bila memang terbukti," kata dia.
 
Sebelumnya, Tim Saber Pungli Jawa Barat melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu, 22 Juni di SMKN 5 Bandung. OTT tersebut berawal dari adanya orang tua siswa yang melaporkan adanya dugaan pungli di sekolah itu pada masa penerimaan peserta didik baru (PPDB).
 
Setelah mendatangi lokasi, Tim Saber Pungli menemukan uang lebih dari Rp40 juta. Uang itu diduga berasal dari titipan orang tua siswa untuk sumbangan bangunan dan sumbangan kegiatan pramuka.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif