Ilustrasi-Anggota jamaah umrah berjalan menuju ke tempat pemberangkatan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022) (ANTARA/Fauzan)
Ilustrasi-Anggota jamaah umrah berjalan menuju ke tempat pemberangkatan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022) (ANTARA/Fauzan)

DIY Mulai Berangkatkan Jemaah Umrah

Nasional Ibadah Umrah Umroh Jemaah umroh Indonesia umrah
Ahmad Mustaqim • 19 Januari 2022 19:05
Yogyakarta: Puluhan jemaah umrah asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai diberangkatkan melalui Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Selasa, 18 Januari 2022.
 
"Ada 29 jemaah umrah yang berangkat dari YIA kemarin. Para jemaah tetap harus melalui one gate system (satu jalur) sesuai ketentuan pemerintah," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Masmin Afif, Rabu, 19 Januari 2022. 
 
Ia mengatakan, para jemaah umrah yang diberangkatkan tersebut sempat tertunda keberangkatannya sekitar dua tahun terakhir. Proses pemberangkatan dilakukan sesuai ketentuan dan protokol kesehatan dan menyesuaikan aturan pemerintah Arab Saudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: 827 KK di Benda Tangerang Terdampak Banjir
 
"Pemberangkatannya tetap harus dalam pengawasan dan pemantauan Kementerian Agama. Sekarang semua dari beberapa provinsi berkumpul di Jakarta dulu mengikuti karantina kemudian nanti ada PCR juga sesuai dengan protap yang sudah disepakati pemerintah Arab Saudi dan Indonesia," ujarnya.
 
Masmin mengatakan, para jemaah rata-rata berusia 30-50 tahun. Semua telah melalui proses tes skrining covid-19, vaksinasi, hingga menjalani kewajiban karantina.
 
Pihaknya menegaskan, para jemaah umrah diminta menaati protokol kesehatan secara ketat selama di Arab Saudi hingga kembali ke Tanah Air. Langkah ini harus dilakukan untuk mencegah risiko ancaman penularan covid-19 varian Omicron.
 
"Kami sampaikan mengikuti prokes ketat. Masker yang pokok jangan sampai copot, jemaah umrah ketika pulang harus karantina dulu di Jakarta sebelum ke masing-masing provinsi," tegas dia.
 
Masmin menambahkan, pemberangkatan jemaah bukan yang terakhir. Pihaknya secara bertahap akan memberangkatan jemaah umrah yang memenuhi syarat.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif