Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Buruh DIY Usul UMK Rp2,6 juta

Nasional upah
Patricia Vicka • 25 Oktober 2019 15:54
Yogyakarta: Upah minimum kabupaten/kota (UMK) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2020 diprediksi tidak lebih dari Rp2juta. Organisasi buruh DIY mengusulkan upah minimum kabupaten/kota di DIY berkisar Rp2,2 hingga Rp2,6 juta.
 
Sekjen Asosiasi Buruh Yogyakarta (ABY) Kirnadi menegaskan penetapan UMK berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 78 tahun 2015 soal pengupahan sangat merugikan buruh. Pasalnya jika mengacu aturan tersebut, UMK 2020 DIY di bawah survei kebutuhan hidup layak (KLH) versi buruh.
 
"Kalau Upah ditentukan sama PP, masih belum layak untuk buruh. Buruh malah rugi. Buruh enggak bisa menabung untuk masa depan, untuk beli rumah atau kendaraan," tegas Kirnadi kepada Medcom.id di Yogyakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan hasil survei KHL pada 64 item papan sandang pangan yang dilakukan pemerintah tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Sebaliknya hasil survey itu perlu diperbaiki.
 
"Contoh harga sewa tempat tinggal Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. Realnya harga sewa indekos jauh lebih tinggi dari harga itu. harusnya pemerintah mengambil harga rata-rata atau tengah-tengah dari harga tertinggi hingga terendah," tegasnya.
 
Sekretaris jendral Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIY, Irsyad Ade Irawan, menolak penetapan UMP dan UMK 2020 dengan menggunakan PP no 78 tahun 2015. Dia mengatakan buruh kerap mengalami defisit keuangan akibat penghasilan yang diterima tidak sesuai dengan kebutuhan hidup sehari-hari.
 
"Kami minta Pemda tetapkan UMK dan UMp berdasarkan survey KHL versi kami, yakni 2,2 juta sampai 2,6 juta," pungkasnya.
 
Dinas Ketenagakerjaan dan Tranmigrasi DIY tengah menggodok kenaikan UMP dan UMK. Pemda DIY akan mengumumkan UMP dan UMK 2020 pada 1 November 2019.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif