Desa Tenganan menjual hasil kerajinan tangan dan kain tradisional tenun pagringsingan dan kuliner (Foto:Dok.MetroTV)
Desa Tenganan menjual hasil kerajinan tangan dan kain tradisional tenun pagringsingan dan kuliner (Foto:Dok.MetroTV)

Pesona Budaya di Timur Bali

Nasional galeriindonesiakaya
Gervin Nathaniel Purba • 06 Januari 2019 21:32
Jakarta: Daya tarik Pulau Bali tidak hanya pada bentang alam yang indah, namun juga pada adat istiadat di tengah masyarakatnya. 

Salah satu desa yang masih kental nilai tradisionalnya adalah Desa Tenganan. Desa yang biasa disebut Desa Bali Aga atau Bali Asli itu terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, sebelah timur Pulau Bali. 

Kehidupan masyarakat di sana masih berpegang teguh pada aturan tradisional adat atau awig-awig, yang diwariskan nenek moyang mereka sejak sejak abad 11 dan diperbarui pada 1842.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Tak seperti daerah lainnya di Bali yang terpapar kehidupan modern dan pariwisata dengan menjamurnya kafe dan hotel, di Desa Tenganan semua masih alami. Bahkan, masyarakat di sana pun masih menggunakan sistem barter dalam bertransaksi ekonomi sehari-hari.

Untuk menggenjot sektor pariwisata, warga Desa Tenganan menjual hasil kerajinan tangan kepada para turis berupa anyaman bambu, ukiran, dan lukisan mini di atas daun lontar. Ada juga kain tradisional tenun pagringsingan dan kuliner Desa Tenganan. 

Saksikan selengkapnya eksotisme Desa Tenganan dalam program IDEnesia Pesona Budaya Timur Bali pada Minggu, 6 Januari 2019, pukul 21.30 WIB, di Metro TV.


(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi