Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari  memberikan keterangan, di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga Belawan, Kota Medan. ANTARA/Munawar
Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari memberikan keterangan, di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga Belawan, Kota Medan. ANTARA/Munawar

Penyelundupan 122 Kg Sabu Digagalkan

Nasional narkoba narkotika internasional Sabu
Antara • 25 September 2021 14:48
Medan: Badan Narkotika Nasional (BNN) resmi menutup Operasi Laut Interdiksi Terpadu. Dari operasi itu, penyelundupan 122 kilogram sabu yang hendak masuk ke Indonesia dari luar negeri berhasil digagalkan.
 
"Selain itu, tim gabungan juga berhasil menemukan dua kali pelanggaran kepabeanan dan dua kali pelanggaran pelayaran," kata Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari,
di Pelabuhan Ujung Baru, Dermaga Belawan, Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut), Sabtu, 25 September 2021.
 
Arman menyebutkan, dalam Operasi Laut Interdiksi Terpadu itu, tim gabungan membongkar penyelundupan narkotika jenis sabu di perairan Indonesia. Selain itu, sejumlah tersangka ditangkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi ratusan kilogram sabu itu disita di wilayah perairan Sulawesi, dan juga mengamankan sejumlah tersangka yang membawa barang yang dilarang pemerintah itu," ujarnya.
 
Baca: Kontrakan Bandar Sabu di Tulangbawang Barat Digerebek
 
Ia menjelaskan, lokasi penangkapan narkotika tersebut berada di wilayah Sulawesi. Maka tidak mungkin barang bukti dan para tersangka dihadirkan di Sumut.
 
"Wilayah yang menjadi sasaran operasi yaitu perairan Selat Malaka, perairan Selat Makassar, Laut Sulawesi, Kepulauan Seribu serta pelabuhan-pelabuhan yang terhubung dengan wilayah perairan tersebut," imbuhnya.
 
Tim gabungan tersebut terdiri dari unsur internal dan eksternal BNN. Unsur internal di antaranya BNN Pusat, BNNP Aceh, BNNP Sumatera Utara ,BNNP Riau, BNNP Kepulauan Riau, BNNP Kalimantan Timur, BNNP Sulawesi Selatan, dan BNNP DKI Jakarta.
 
Sedangkan dari unsur eksternal di antaranya Direktorat Polair Kor-Polairud Baharkam Polri, Direktorat Penindakan dan Penyidikan Ditjen Bea dan Cukai, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Ditjen Perhubungan Laut, serta Direktorat Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif