RSUD Kabupaten Tangerang, Banten. ANTARA/Azmi Samsul Maarif
RSUD Kabupaten Tangerang, Banten. ANTARA/Azmi Samsul Maarif

4 Napi Lapas Tangerang Segera Dioperasi Plastik

Nasional kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar
Antara, Hendrik Simorangkir • 09 September 2021 18:15
Tangerang: Sebanyak empat narapidana korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang akan dioperasi bedah plastik. Tindakan medis dilakukan oleh tim Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, Banten.
 
"Kemarin itu karena kondisi pasien masih syok berat jadi kami atasi terlebih dahulu," kata dokter jaga ICU Bedah RSUD Kabupaten Tangerang dr. Santika Budi Andyani di Tangerang, Kamis, 9 September 2021.
 
Dia menyebutkan, dari empat pasien itu, tiga di antaranya menggunakan alat bantu ventilator. Karena kondisi pasien tersebut mengalami syok berat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka mengalami gangguan multiorgan, seperti gangguan ginjal dan gangguan livernya," imbuhnya.
 
Baca: TIM DVI Kantongi Data Antemortem 2 WNA Korban Kebakaran Lapas Tangerang
 
Selain itu, saat pertama kali masuk ke ruangan ICU, pasien tersebut dalam keadaan kondisi yang sadar. Tetapi, mereka mengalami trauma berat sehingga berdampak pada saluran pernapasan, menjadi sesak.
 
Dari empat pasien yang akan menjalani operasi, kata dia, mengalami luka bakar 13,5 persen sampai 50 persen dengan harapan masih punya peluang untuk bertahan.
 
"Kondisi luka bakar di atas 50 persen memang agak sulit karena sudah terjadi gangguan multiorgan," jelasnya.
 
Sebelumnya, RSUD Kabupaten Tangerang telah melakukan perawatan terhadap 10 orang yang mengalami luka berat dan ringan dari korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Tiga di antaranya meninggal bernama Hadiyanto bin Ramli, Adam Maulana bin Yusuf Hendra, dan Timothy Jaya bin Siswanto.
 

 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif