Polres Malang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa 22 Desember 2020.
Polres Malang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa 22 Desember 2020.

Polres Malang Sidak Pasar Cek Harga Pangan

Nasional bahan pokok operasi pasar natal dan tahun baru
Daviq Umar Al Faruq • 22 Desember 2020 17:00
Malang: Polres Malang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa, 22 Desember 2020. Sidak digelar untuk memantau harga bahan pangan jelang Hari Natal 2020 dan tahun baru 2021.
 
Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, mengatakan kegiatan pemantauan harga bahan pangan dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, berdasarkan pemantauan ditemukan lonjakan harga dan kelangkaan bahan pangan.
 
"Seperti yang kita ketahui kelangkaan bahan pangan merupakan sumber ketidaksejahteraan masyarakat. Selanjutnya Polres Malang beserta Pemkab Malang akan terus melaksanakan kegiatan pemantauan bahan pangan," katanya disela-sela sidak.
 
Hendri memastikan, ketersediaan bahan pangan dan sembako di Kabupaten Malang cukup jelang Natal dan tahun baru. Hendri menambahkan, Satgas Pangan Kabupaten Malang juga sudah mengantisipasi terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok.
 
Baca: Warga Kalsel Dilarang Merayakan Tahun Baru dan Meniup Terompet
 
"Kami sidak ke beberapa toko, rata-rata sebagian besar dari bahan pokok itu masih relatif normal. Bahkan ada yang mengalami penurunan, seperti beras, kemudian cabai, gula juga mengalami penurunan sekitar Rp1.000, jadi sekarang berkisar Rp11.000 sampai Rp11.500. Saya rasa ini sangat berpengaruh pada daya beli masyarakat," jelasnya.
 
Meskipun beberapa bahan kebutuhan pokok mengalami penurunan harga, ada beberapa bahan pokok lainnya yang justru mengalami kenaikan harga. Hal ini dikarenakan faktor keterbatasan stok.
 
“Tapi kenaikan harga itu kami lihat masih dalam batas toleran. Contohnya itu seperti bawang putih, bawang putih impor ada kenaikan harga sekitar Rp4.000. Kemudian juga ayam potong, biasanya Rp28.000 sampai Rp30.000, tapi tadi kami monitor mengalami peningkatan mencapai Rp34.000,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif