Ilustrasi telur ayam. (ANTARA/Reno Esnir/dok)
Ilustrasi telur ayam. (ANTARA/Reno Esnir/dok)

Karawang Kaji Penyebab Kenaikan Harga Telur Ayam

Antara • 27 Agustus 2022 21:42
Karawang: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, masih mengkaji dan mengamati penyebab kenaikan harga telur ayam yang terjadi di sejumlah pasar tradisional sekitar Karawang.
 
"Kenaikan harga telur ayam memang sudah terjadi sejak sekitar sepekan terakhir," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, Geri Samrodi, di Karawang, Sabtu, 27 Agustus 2022.
 
Ia mengatakan, kenaikan harga telur ayam itu sudah terjadi di 17 pasar tradisional sekitar Karawang. Kenaikannya bervariasi, tapi harga tertinggi mencapai Rp31 ribu-32 ribu per kilogram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sampai sekarang ini kami masih mengamati apakah kenaikan harga telur ayam itu akibat penyimpangan distribusi, atau ada penyebab lain," kata dia.
 
Baca juga:  Stok Cukup, Harga Telur Ayam di Kalsel Tetap Naik

Ia mewaspadai kemungkinan adanya penyimpangan distribusi telur ayam. Karena jika itu terjadi, jatah yang seharusnya masuk ke Karawang tapi didistribusikan ke daerah lain tentunya mengakibatkan kenaikan harga.
 
Sementara itu, sejumlah pedagang di wilayah Karawang menyebutkan kalau kenaikan harga telur ayam sudah terjadi sejak sekitar sepekan terakhir. Dari sebelumnya Rp27 ribu per kilogram kini mencapai Rp31-32 ribu per kilogram.
 
Para pedagang berharap agar pemerintah segera turun tangan mengatasi kenaikan harga telur ayam. Sebab mereka merasakan dampak kenaikan harga itu, di antaranya pembeli kebanyakan mengurangi jumlah pembelian telur ayam. 
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif