Volume kendaraan arus balik yang mengarah ke GT Cileunyi dari Rancaekek, Kabupaten Bandung, mulai meningkat
Volume kendaraan arus balik yang mengarah ke GT Cileunyi dari Rancaekek, Kabupaten Bandung, mulai meningkat

Volume Kendaraan Arus Balik Via GT Cileunyi Meningkat 47,99%

Nasional Mudik Lebaran arus balik Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
P Aditya Prakasa • 07 Mei 2022 18:47
Bandung: Ribuan kendaraan mulai mengantre masuk ke Gerbang Tol (GT) Cileunyi di ruas Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi), Kabupaten Bandung, Sabtu 7 Mei 2022. Jasamarga mencatat peningkatan arus balik di GT Cileunyi terjadi sejak H+2 hingga H+4 Lebaran 1443 H.
 
Berdasarkan siaran pers Jasamarga Metropolitan Tollroad, peningkatan volume kendaraan arus balik di GT Cileunyi mencapai hingga 159.478 kendaraan atau meningkat 47,99 persen. Sementara dibandingkan lalu lintas new normal, terhitung sebanyak 107.762 kendaraan.
 
Tidak hanya dari arah Garut, kendaraan pemudik yang mengarah ke GT Cileunyi juga datang dari arah Jatinangor, Kabupaten Sumedang, termasuk Cibiru, Kota Bandung. Seperti diketahui, GT Cileunyi sendiri merupakan titik pertemuan arus kendaraan, baik dari arah Garut, Sumedang, dan Bandung, termasuk kendaraan dari Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang kini sudah difungsikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pantauan hingga pukul 17.20 WIB, meski belum terlihat antrean panjang kendaraan pemudik dan arus lalu lintas terbilang masih lancar. Namun volume kendaraan yang mengarah ke GT Cileunyi mulai terlihat meningkat.
 
Baca: 17.831 Kendaraan Tinggalkan Kota Bandung Via GT Pasteur
 
Seperti yang terpantau di Jalan Rancaekek, Kabupaten Bandung, ribuan kendaraan dari arah Garut satu per satu memasuki GT Cileunyi. Kondisi arus lalu lintas yang terbilang lancar membuat kendaraan masih dapat melaju cukup kencang dengan kecepatan sekitar 20-40 kilometer per jam. 
 
Adapun di lajur yang mengarah ke Garut, arus kendaraan pun terpantau ramai lancar. Tidak terlihat pula adanya penumpukkan kendaraan di sejumlah titik di kawasan Rancaekek yang kerap dilanda kemacetan parah itu. 
 
Sementara itu, Supervisor Jasa Marga GT Cileunyi, Irwan Teja mengatakan, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pada arus balik kali ini, pihaknya memperbanyak gardu masuk di GT Cileunyi. 
 
"Jumlah gardu masuk tol yang awalnya hanya lima ditambah empat, sehingga menjadi sembilan, yang terdiri dari enam gardu statis dan tiga mobile reader," katanya.
 
Dengan adanya peningkatan volume kendaraan di GT Cileunyi, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada hari ini.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif