Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

729 Narapidana di Sulbar Dapat Remisi Khusus Lebaran

Nasional narapidana remisi Sulawesi Barat Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Antara • 04 Mei 2022 14:41
Mamuju: Sebanyak 729 narapidana di Sulawesi Barat mendapatkan remisi khusus Idulfitri 1443 Hijriah. Jumlah ini bertambah dari usulan yang diajukan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Barat.
 
"Tahun ini, sebanyak 729 narapidana atau warga binaan di seluruh lapas dan rutan di Sulbar memperoleh remisi khusus Lebaran atau Idilfitri," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulbar Robianto, di Mamuju, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Pemberian remisi khusus Idulfitri diserahkan secara simbolis oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulbar Robianto yang dipusatkan di Rutan Mamuju.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyampaikan awalnya sebanyak 710 napi yang diusulkan mendapatkan remisi khusus ini. Namun ada penambahan jumlah usulan sebelum batas waktu yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.
 
"Penambahan usulan ini memang karena narapidana tersebut memenuhi syarat untuk peroleh remisi," kata Robianto.
 
Baca: 412 Warga Binaan Lapas Tarakan Dapat Remisi
 
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar Faisol Ali mengatakan, pemberian remisi merupakan hak yang diberikan oleh negara atas pencapaian warga binaan dalam berperilaku baik dan mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh jajaran di lapas dan rutan selama menjalani pidana.
 
Dia berharap, remisi yang telah diberikan itu dapat menjadi motivasi bagi narapidana atau warga binaan untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari perilaku baik dan syarat-syarat yang ditentukan untuk peroleh remisi
 
"Remisi yang diberikan kepada para warga binaan tersebut berdasarkan beberapa persyaratan, salah satunya berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman," kata Faisol Ali.
 
"Sepanjang memenuhi syarat, hak-hak warga binaan pasti dipenuhi. Seperti saat ini, walaupun dalam kondisi pandemi berbagai langkah dan upaya telah dilakukan dalam rangka tetap memenuhi seluruh hak-hak warga binaan," katanya pula.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif