Stok vaksin Astrazeneca di Kabupaten Sumenep. Metro TV
Stok vaksin Astrazeneca di Kabupaten Sumenep. Metro TV

Warga Pilih Pfizer, Vaksin Astrazeneca di Sumenep Hampir Kedaluwarsa

MetroTV • 23 Februari 2022 15:38
Sumenep: Sebanyak 10.100 dosis vaksin jenis AstraZeneca di Kabupaten Sumenep mendekati kedaluwarsa. Dinas Kesehatan setempat gencar melakukan percepatan vaksinasi untuk semua dosis.
 
Analis Kebijakan Kesehatan Dinkes P2-KB Sumenep, Hendrix Prasetyo mengatakan vaksin AstraZeneca yang hampir kedaluwarsa tersebut baru diterima pihaknya pada akhir Januari dan awal Februari lalu.
 
"Vaksin yang hampir mendekati expired itu ada sekitar 10.100 dosis. Itu ED-nya (expired date) sampai akhir bulan ini," ujar Hendrix di Sumenep, Rabu, 23 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dinkes Kabupaten Sumenep berharap dalam beberapa hari ke depan ada peningkatan capaian vaksinasi yang dilaksanakan di puskesmas-puskesmas. Sehingga vaksin tersebut bisa terpakai sebelum masuk masa kedaluwarsa.
 
Baca: Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Tak Lakukan Tes Usap Sendiri
 
"Harapan kami ada peningkatan capaian dari teman-teman puskesmas, sehingga vaksin ini bisa dimanfaatkan bagi warga yang membutuhkan," harapnya.
 
Hendrix menuturkan, penumpukan vaksin jenis AstraZeneca salah satu penyebabnya karena saat ini banyak warga yang lebih memilih vaksin jenis Pfizer untuk digunakan.
 
"Kami harapkan warga tidak memilih jenis vaksin, karena vaksin apapun dapat menambah imunitas tubuh," katanya.
 
Menanggapi kondisi tersebut, Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdian mengaku akan menerapkan beberapa langkah, salah satunya yakni akan mencoba merelokasi dosis vaksin berlebih tersebut ke kabupaten lain agar vaksin tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
 
"Kita akan lakukan relokasi dengan Kabupaten lain di wilayah terdekat dengan kita," ujarnya.
 
Ia pun akan memastikan bahwa vaksin yang sudah kedaluwarsa tidak akan digunakan dan didistribusikan kepada warga. (Muhardi)
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif