Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi di Mapolda Sulteng. MI/Mitha Meinansi
Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi di Mapolda Sulteng. MI/Mitha Meinansi

Densus 88 Tangkap 22 Orang Jaringan JAD di Sulteng

Media Indonesia • 18 Mei 2022 14:43
Palu: Kapolda Sulteng Irjen Polisi Rudy Sufahriadi menyatakan 22 orang warga di Sulawesi Tengah, ditangkap Detasemen Khusus 88 Anti Teror. Mereka diduga terlibat jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), yang menjadi kelompok pendukung Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah.
 
"Rekan-rekan sekalian, Densus dibantu Polda Sulteng sudah menangkap 24 orang yang diduga akan melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya adalah melakukan latihan ditempat yang pernah dilakukan oleh JAD sebelumnya," ujar Rudy Sufahriadi di Mapolda Sulteng, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Dari 24 orang telah ditangkap Densus 88 Anti Teror, 22 orang merupakan warga Sulteng. Dengan rincian 19 orang ditangkap di Kabupaten Poso, sedangkan tiga orang lainnya, ditangkap di Kabupaten Tojo Una-Una. Sementara dua orang yang diduga memiliki keterlibatan yang sama juga ditangkap masing-masing di  Jakarta, dan Kalimantan Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Teroris ISIS yang Ditangkap Suplai Logistik Kelompok MIT Poso
 
Saat ini mereka sedang menjalani penyidikan dan pendalaman oleh Densus 88 Anti Teror Polri. Berdasarkan hasil pengembangan Densus 88 Anti Teror, keterlibatan mereka karena diketahui memiliki dan menyimpan senjata api jenis revolver, melakukan pembaharuan Bai'at kepada pimpinan organisasi terlarang ISIS.
 
Serta melakukan kegiatan IDAD atau pelatihan, memberikan dukungan logistik dan dana untuk kelompok MIT dan melakukan persiapan untuk bergabung, serta menggunakan media sosial sebagai konten provokasi dan ajakan melakukan aksi jihat.
 
Sejumlah barang bukti yang diamankan diantaranya, senjata api revolver rakitan, amunisi caliber 38 special dan 5,56 milimeter, magasin, panah, senjata tajam, ponsel, dan buku-buku Daulah Islamiah.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif