Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Teroris ISIS yang Ditangkap Suplai Logistik Kelompok MIT Poso

Siti Yona Hukmana • 17 Mei 2022 16:37
Jakarta: Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 24 tersangka terorisme kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Teroris jaringan ISIS itu hendak bergabung dengan MIT Poso.
 
"(Kelompok ISIS) memberikan dukungan kepada kelompok MIT Poso berupa berencana bergabung bersama kelompok MIT kemudian membantu penyiapan logistik, " kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Mei 2022. 
 
Ramadhan mengatakan salah satu logistik itu berupa amunisi. Kemudian, ISIS juga berupaya menyembunyikan informasi-informasi terkait kegiatan MIT Poso tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ramadhan, ke-24 tersangka itu beberapa kali telah mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan. Kemudian, telah berbaiat kepada Amirul Mukminin. 
 
"Diketahui organisasi ISIS memliki pemimpin baru. Jadi, ke beberapa orang ini telah melakukan baiat ke pemimpin ISIS yang baru yaitu, Abu Hasan Al Hasim Al Quraisy, " ujar jenderal bintang satu itu.
 
Baca: 24 Tersangka Terorisme MIT Poso dan ISIS ditangkap
 
Menurut Ramadhan, baiat itu dilakukan secara mandiri. Mereka membaca teks yang dikirim melalui WhatsApp Group oleh seorang berinisial H. 
 
"Jadi, memberikan pernyataan atau bai'at mereka dengan baca teks dan dikirim melalui grup WA. Mereka juga turut melakukan giat idad (pelatihan) di Ampana, Tojo Una-Una, Sulteng, " ungkap Ramadhan. 
 
Seluruh tersangka ditangkap di tiga wilayah berbeda pada Sabtu, 14 Mei 2022. Yakni 22 orang di Sulawesi Tengah (Sulteng), satu orang di Bekasi dan satu orang di Kalimantan Timur (Kaltim). 
 
Para tersangka itu berinisial MIR, BSD, ETO, MB, IS, FM, TT, SH, H, AWS, DRM, TI, AME, MR, EA, DM, S, RK, LY, RK, ISR, MAM, K, dan FS. Mereka telah ditahan dan masih menjalani pemeriksaan intensif guna mengembangkan pelaku lainnya. 
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif