Sayangnya, banyak petani kopi masih kesulitan alat pengolahan agar harga jual produk mereka meningkat. Metro TV
Sayangnya, banyak petani kopi masih kesulitan alat pengolahan agar harga jual produk mereka meningkat. Metro TV

Selamat Pagi Indonesia

Kopi Tempur, Usaha Alternatif Warga Jepara di Tengah Pandemi

Nasional kopi UMKM pandemi covid-19 Selamat Pagi Indonesia
MetroTV • 12 Januari 2022 14:45
Jepara: Di tengah pandemi saat ini, berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan ekonomi di tengah pandemi covid-19. Salah satunya, kopi tempur asal Desa Tempur, Keling, Jepara, Jawa Tengah yang ngetren di tengah masyarakat.
 
Tidak sedikit masyarakat Desa Tempur berlomba-lomba memproduksi kopi khas tersebut. Beberapa tahun terakhir, masyarakat desa tempur tidak lagi menjual kopi dalam bentuk biji mentah. Mereka sudah banyak menjual kopi dalam bentuk bubuk.
 
Sayangnya, banyak petani kopi masih kesulitan alat pengolahan agar harga jual produk mereka meningkat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kebutuhannya mesin dan peralatan, mulai dari roasting, penggiling, sampai mesin packag (pengemas). Dari semua produsen kopi belum banyak yang punya alat lengkap,” kata Khusnul Ulum, pengusaha kopi tempur, dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 12 Januari 2022
 
Khusnul Ulum mengatakan sudah ada lebih dari 30 warga yang menjadi produsen kopi bubuk kopi tempur. Namun, Penjualan kopi tempur juga sudah menyentuh pasar internasional.
 
Berawal dari tangan ke tangan, kini Khusnul dan pengusaha kopi tempur lain memanfaatkan media sosial untuk berjualan.

Pemkab siap bantu

Bupati Jepara Dian Kristiandi menangkap harapan para produsen kopit tempur. Dia akan mengupayakan untuk memberi alat produksi bagi para pengusaha melalui dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan.
 
Tak hanya itu, untuk meningkatkan pamor kopi tempur, Dian berharap agar pemerintah desa dapat menggerakkan badan dana usaha milik desa. Hal itu bisa dilakukan agar para pengusaha yang sudah berhasil diharapkan dapat membagi ilmunya kepada warga lainnya. (Alifiah Nurul Rahmania)  

 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif