Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Istana Maimun, Sumut. (Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Istana Maimun, Sumut. (Istimewa)

Melawat ke Medan, Ganjar Terpukau dengan Istana Maimun

Media Indonesia.com • 08 April 2022 02:21
Medan: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Istana Maimun, Medan, Sumatra Utara. Ganjar terpesona dengan keindahan ikon bersejarah yang pernah dikunjungi Presiden pertama RI Soekarano (Bung Karno).
 
"Ternyata Bung Karno pernah ke sini, terus beberapa presiden juga pernah ke sini. Tadi ditunjukkan beberapa foto ketika kunjungan, dan bagaimana setiap presiden saat itu selalu berkomunikasi dengan raja-raja daerah. Itu bagus sekali," kata Ganjar dalam keterangannya, Kamis, 7 April 2022.
 
Istana Maimun menjadi ikon bersejarah Kota Medan. Istana itu menyimpan berbagai kisah bersejarah dari zaman masuknya peradaban Islam, penjajahan Belanda, hingga kemerdekaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu yang bersejarah di Istana Maimun adalah Meriam Puntung. Lantaran menjadi saksi bisu lahirnya cikal bakal Kerajaan Islam Kesultanan Deli di Kota Medan, Sumatra Utara.
 
Baca: Sejarah Lawang Sewu, Dibangun oleh Arsitek Berbeda hingga Gunakan Batu Bata Mahal
 
Ganjar mengatakan Istana Maimun sebagai salah satu bangunan bersejarah harus dijaga kelestariannya. Dia mendorong agar Istana Maimun direvitalisasi.
 
"Bangunannya sebagai suatu heritage masih bagus sekali, memang rasanya butuh untuk direvitalisasi. Pak Wali Kota (Medan) Bobby Nasution katanya sudah siap merevitalisasi, saya kira ini tempat yang sangat bagus," ujar Ganjar.
 
Usai melihat-lihat sekeliling Istana Maimun, Ganjar menyempatkan membeli salah satu kopiah tenun asli buatan istana. Ganjar mengatakan kopiah itu bisa jadi daya tarik masyarakat, karena terdapat nilai seni di dalamnya.
 
"Kerajinannya seperti kopiahnya ini bisa diproduksi, masyarakat bisa mengakses, ini akan menarik. Ini terlihat juga dari baju adatnya, kain-kainnya, dibuat dengan skill khusus," tutur Ganjar.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif