Tangkapan layar cuitan akun YLBHI di Twitter
Tangkapan layar cuitan akun YLBHI di Twitter

Mengawal Konflik Wadas, Akun Instagram LBH Yogyakarta Sempat Lenyap

Medcom • 09 Februari 2022 19:39
Purworejo: Tak lama setelah merilis pernyataan sikap terkait konflik tanah di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, akun Instagram LBH Yogyakarta, @lbhyogyakarta, sempat lenyap. Meskipun, saat ini akun tersebut sudah bisa diakses kembali.
 
Informasi lenyapnya akun itu diunggah oleh akun Twitter Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, @YLBHI. YLBHI mengumumkan lenyapnya akun LBH Yogyakarta itu pada pukul 00.40 WIB, Rabu, 9 Februari 2022.
 
"Bahaya! Akun ig @lbhyogyakarta hilang. Saat ini LBH Yogyakarta sedang mendampingi warga desa Wadas yang dikepung aparat dan ditangkap karena menolak tambang. Akun ig @lbhyogyakarta yang merupakan saluran untuk mengabarkan kondisi terbaru desa wadas kini tidak dapat diakses," demikian cuit akun @YLBHI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di media sosial, YLBHI dan LBH Yogyakarta aktif menyuarakan ketidakadilan yang dialami warga Wadas. Akun @lbhyogyakarta juga mengunggah video dugaan kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian terhadap warga di sana.
 
Akun @lbhyogyakarta memiliki pengikut atau followers 17,4 ribu. Dari pantauan Medcom.id, akun ini juga sudah mengunggah 958 postingan. Lima postingan terakhirnya berisi tentang konflik di Wadas. 
 
Baca: AJI dan LBH Pers Kecam Intimidasi Jurnalis di Wadas
 
Pada Selasa, 8 Februari 2022, ratusan petugas gabungan mendatangan Desa Wadas. Kedatangan mereka untuk mendampingi tim dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tim BPN berkepentingan untuk mengukur lahan pembebasan pembangunan proyek Bendungan Bener.
 
Kehadiran petugas lantas ditentang warga. Sempat terjadi adu mulut antara petugas dengan warga. Dan adu mulut ini pun berujung penangkapan. (Fauzi Pratama Ramadhan)

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif