Kepala Bidang Humas Polda DIY, Komisaris Besar Yuliyanto. Medcom.id/Mustaqim
Kepala Bidang Humas Polda DIY, Komisaris Besar Yuliyanto. Medcom.id/Mustaqim

One Way di Tol Akan Ubah Peta Kedatangan Pemudik

Nasional Mudik Lebaran lalu lintas Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Ahmad Mustaqim • 22 April 2022 19:58
Yogyakarta: Kebijakan one way dan ganjil genap diperkirakan memengaruhi peta kedatangan pemudik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sejumlah pemudik diperkirakan mengubah rute. 
 
"Dengan adanya one way itu kan bisa memecah arus di jalan tol. Sebagian (pemudik) bisa memilih jalur lain, misalnya di jalur lintas selatan," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY, Komisaris Besar Yuliyanto usai gelar pasukan dalam rangka operasi Ketupan Progo di Mapolda DIY, Jumat, 22 April 2022. 
 
Ia mengatakan kepolisian akan menjaga tak hanya di pintu masuk DIY bagian timur di Prambanan. Penjagaan juga dilakukan di pintu masuk di Kabupaten Kulon Progo, yakni Kecamatan Temon dan Kalibawang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Antisipasi (pengamanan) dilakukan enggak hanya dari timur, tapi juga barat. Ada juga (jalur)  Kalibawang, pintu masuk dari Magelang," kata mantan Kapolres Sleman ini. 
 
Baca juga: Demi Mudik Lancar, Pembayaran di GT Palimanan Ditiadakan
 
Polda DIY, kata Yuliyanto, mendirikan 16 pos penjagaan dan 6 pos pelayanan. Ia mengatakan jajarannya mengerahkan 1.932 personel dan 1.800-an personel gabungan lintas instansi. 
 
Saat ini, arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan mulai padat. Kepolisian mempercepat jadwal pengamanan. 
 
"Besok pagi petugas di setiap pos akan bersiap mengantisipasi pergerakan masyatakat yang mudik duluan, sehingga dilakukan pengamanan semaksimal mungkin," terang dia.
 
Dari sekitar 85 juta orang yang diperkirakan mudik lebaran, 3,9 juta orang masuk diprediksi masuk ke Yogyakarta. Sementara, puncak arus mudik bakal terjadi pada 28, 29, 30 April. 
 
"Operasi Ketupat Progo akan kami laksanakan sampai 8 Mei. Kalau 9 Mei masih dibutuhkan pengamanan (operasi) masih akan kami dilanjutkan," jelasnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif