Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Pilkades Serentak di Mukomuko Digelar pada April 2021

Nasional pemilu persiapan pemilu Pilkades
Antara • 12 Januari 2021 16:43
Mukomuko: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menyampaikan rencananya kepada Kementerian Dalam Negeri terkait jadwal pemilihan kepala desa serentak di 47 desa mulai April 2021.
 
"Sesuai dengan jadwal tahapan pilkades serentak, mulai April hingga 6 bulan ke depan. Kemudian pelantikannya pada Oktober 2021." kata Kasi Pengembangan Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Mesatia Wardani, Selasa, 12 Januari 2021.
 
Mesatia mengatakan pilkades akan digelar setelah selesai pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan atas Pemilihan Kepala Desa menjadi perda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama ini masih menggunakan Perda Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa. Akan tetapi, setelah adanya pandemi covid-19, peraturan itu perlu perubahan," ujarnya.
 
Baca juga: Petugas Temukan Banyak Pelanggaran PTKM di DIY
 
Mesatia menjelaskan pengesahan raperda menjadi perda disesuaikan dengan peraturan tentang penegakan disiplin protokol kesehatan, termasuk anggaran yang dikucurkan untuk pemilihan kepala desa.
 
Ia menjelaskan, Perda Nomor 12 Tahun 2015 tidak mengatur tentang alokasi anggaran untuk kegiatan pemilihan kepala desa pada masa pandemi covid-19.
 
Menurut dia, ada penambahan biaya pilkades pada masa pandemi untuk tim pilkades mulai dari kabupaten, kecamatan, hingga desa, penambahan tempat pemungutan suara, dan pengadaan peralatan protokol kesehatan.
 
Sebelumnya, DPMD setempat mengusulkan anggaran sebesar Rp700 juta untuk pemilihan kepala desa serentak di 47 desa di daerah ini. Namun, dana tersebut tidak mencukupi untuk melaksanakan pilkades serentak pada masa pandemi covid-19.
 
Untuk itu, pihaknya mengusulkan penambahan anggaran untuk pilkades serentak sekitar Rp250 juta sehingga total kebutuhan anggaran untuk itu lebih dari Rp1 miliar.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif