Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Dinkes Kabupaten Tangerang Gratiskan Tes PCR untuk Calon Jemaah Haji

Hendrik Simorangkir • 28 Mei 2022 19:20
Tangerang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menyediakan layanan tes usap RT-PCR secara gratis bagi para calon jemaah haji. Tes PCR sebagai persyaratan kesehatan menunaikan ibadah haji.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Sumihar Sihaloho mengatakan, dalam pemberian pelayanan kesehatan tersebut akan dilakukan dari 10 hingga 14 hari sebelum jadwal keberangkatan para calon jemaah haji. 
 
"Untuk alat nanti kita akan difasilitasi oleh Dinkes Provinsi Banten dalam pelayanan ini, dan untuk lokasi kita hanya satu yaitu di Labkesda Kabupaten Tangerang," ujarnya, Sabtu, 28 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sumihar, pemberian pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk anggota calon jemaah haji ini sesuai instruksi Kemenkes RI melalui surat edaran nomor HJ/0202/1/501/2022 tentang pemeriksaan RT-PCR bagi jemaah haji yang dilakukan seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di daerah. 
 
Baca: Kemenag Pastikan Asrama Haji Makassar Siap Sambut Calon Jemaah
 
"Dalam hal ini, kita telah menerima SK (surat keputusan) dari Provinsi Banten dalam penunjukan faskes pelayanan tes PCR gratis untuk jemaah haji di wilayah Kabupaten Tangerang," jelasnya.
 
Sumihar menjelaskan, untuk kuota jemaah haji yang akan mendapat pelayanan kesehatan di Kabupaten Tangerang, kurang lebih sebanyak 1.000 orang. 
 
"Tapi itu akan disesuaikan dengan jumlah haji yang berangkat ke Tanah Suci dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang yaitu 890 orang calon jemaah haji," katanya.
 
Selain memberikan layanan RT-PCR, Sumihar menambahkan, pihaknya akan memberikan layanan vaksinasi covid-19 yang akan diberikan bagi warga atau jemaah haji belum mendapat dosis vaksin. 
 
"Karena vaksinasi covid-19 ini menjadi syarat juga untuk pemberangkatan haji, maka kita akan adakan layanan vaksin secara gratis," jelasnya.
 
Jumlah calon jemaah haji di Kabupaten Tangerang yang akan berangkat pada periode 2022 yakni sebanyak 890 orang, dengan sesuaikan kriteria yang ditentukan pemerintah pusat.
 
Dari ratusan anggota calon jemaah haji warga Kabupaten Tangerang itu, direncanakan akan berangkat ke Tanah Suci pada Juni 2022.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif