Ilustrasi. Pelaksanaan Haji. Foto Dok AFP
Ilustrasi. Pelaksanaan Haji. Foto Dok AFP

Kemenag Pastikan Asrama Haji Makassar Siap Sambut Calon Jemaah

Muhammad Syawaluddin • 27 Mei 2022 07:13
Makassar: Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan memastikan persiapan pelaksanaan ibadah haji di Embarkasi Makassar dalam kondisi baik. Kakanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni, mengatakan hal ini dikarenakan terjalinnya komunikasi dan sinergi yang apik antara seluruh stakeholder yang terlibat dalam penyelengaraan haji, khususnya di Embarkasi Makassar.
 
"Insyaallah Asrama Haji Sudiang Makassar, Embarkasi Debarkasi Haji Makassar siap menfasilitasi dan melayani para Tamu Allah," kata Khaeroni, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 26 Mei 2022.
 
Ia mengatakan Embarkasi Debarkasi Haji Makassar mempersiapkan semua kebutuhan para jemaah haji yang datang dari delapan provinsi yang ada di Indonesia tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tahun ini jumlahnya sebanyak 7.160 jemaah haji terbagi dalam 19 kloter (kelompok terbang)," jelasnya. 
 
Ribuan jemaah haji tersebut selama di Embarkasi Debarkasi Makassar akan didampingi 71 petugas haji kloter dan petugas kesehatan. 
 
Baca: 385 Calon Jemaah Haji Asal Padang ke Tanah Suci 4 Juni
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso, menyampaikan pihaknya memastikan jemaah calon haji yang masuk di Asrama Haji Embarkasi Makassar dalam status istithoah (mampu dari sisi kesehatan).
 
Hal itu lantaran, seluruh prosedur dan tahapan pelayanan, pemeriksaan dan pengamatan/pemantauan atas kondisi kesehatan sudah dilakukan terhadap jemaah calon haji, khususnya yang berangkat tahun 2022 ini.
 
"Mulai dari tingkat Puskesmas di setiap daerah asal jemaah calon haji, termasuk pelaksanaan sejumlah vaksin yang menjadi syarat yang harus dipenuhi seperti maningitis dan booster covid-19," ungkapnya. 
 
Ia juga mengungkapkan persentase jemaah calon haji yang masuk kategori resiko tinggi (Risti) tahun ini relatif agak rendah, sebab pihak Arab Saudi menetapkan salah satu syarat bagi calon jemaah haji, yakni batasan usia 65 tahun dan harus dipastikan sudah divaksin booster.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif