Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati

Surya Paloh: Lebih Baik Tidak Ada Pemilu Jika Terjadi Perpecahan

Fajri Fatmawati • 27 Juni 2022 16:51
Banda Aceh: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh prihatin dengan pemilu yang menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat. Pemilu seharusnya menyatukan bukan justru menjadi alat untuk mengkotak-kotakkan masyarakat. 
 
Surya berpendapat jika pemilu bermuara perpecahan, lebih baik pemilu ditiadakan. 
 
“Buat apa pemilu jika bangsa ini terpecah. Lebih baik tidak ada pemilu kalau itu memberikan konsekuensi membuat perpecahan,” kata Surya Paloh usai meresmikan kantor DPW Partai NasDem Aceh, Senin, 27 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surya Paloh mengajak semua pihak terutama partai politik untuk belajar memperbaiki sistem pemilu. Semua pihak harus menjaga keutuhan bangsa. 
 
Baca: Surya Paloh Resmikan Kantor Baru DPW NasDem Aceh

“Ini untuk menjaga keutuhan bangsa, ini jadi pelajaran dan kita harus memperbaiki sistem pemilu dari sebelumnya, jika kita tidak ingin terpecah,” ujarnya. 
 
Menurut Surya, Pemilu 2019 terjadi perpecahan di mana-mana, bukan hanya sesama partai politik bahkan merambah hingga ke keluarga. Ia yakin ada polarisasi hingga membawa adu domba antarsesama yang membuat proses demokrasi di Indonesia tercoreng.
 
Ia berharap semua pihak untuk mau menyongsong Pemilu 2024 dengan arif dan bijaksana. 
 
"Jadi kita berupaya untuk memetik pelajaran, ada polarisasi hingga membawa adu domba diantara kita, itu tidak boleh terulang kembali. Pemilu ke depan harus kita songsong dengan baik dan arif,” jelasnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif