Ilustrasi--Bupati Jepara Dian Kristiandi memantau harga kebutuhan pokok di pasar Jepara Dua. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Ilustrasi--Bupati Jepara Dian Kristiandi memantau harga kebutuhan pokok di pasar Jepara Dua. Medcom.id/ Rhobi Shani.

Takbir Keliling di Jepara Boleh, Ini Syaratnya

Nasional Pemerintah Daerah jawa tengah Lebaran 2022
Rhobi Shani • 27 April 2022 14:20
Jepara: Bupati Jepara, Dian Kristiandi, memberikan lampu hijau pelaksanaan takbir keliling. Namun, itu hanya boleh dilakukan di lingkup desa. Pelaksanaan takbir keliling juga dilarang menggunakan kendaraan bermotor.
 
“Jika ada yang ingin melakukan takbir keliling yang melibatkan masyarakat, maka lingkupnya hanya di masing-masing desa, tidak boleh menyeberang ke desa lain,” ujar Bupati yang biasa disapa Andi, Rabu, 28 April 2022.
 
Bupati meminta para pihak melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar semuanya mematuhi. Jika pun nanti di lapangan didapati takbir keliling yang menggunakan kendaraan, aparat keamanan jangan sampai memberikan toleransi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Terkait dengan penataan lalu lintas, kita juga sudah didukung oleh para pihak terkait,” kata Andi.
 
Baca juga: Ganjar Larang Warga Takbir Keliling
 
Kapolres Jepara AKBP Warsono, mengatakan akan melakukan patroli pada malam takbiran nanti. Pihaknya bahkan sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk menjalankan takbiran di musala atau masjid masing-masing.
 
Terkait kebijakan ini, Warsono berpijak pada Surat Edaran (SE) Mentri Agama RI Nomor 08 Tahun 2022. Dalam imbauannya, Warsono juga melarang adanya balap liar, menggunakan kendaraan berknalpot keras dan mengganggu, sampai melarang bermain petasan atau sejenisnya.
 
“Pastinya kita akan patroli pada malam takbiran. Kita akan menyiapkan pengamanan. Dan kita akan melakukan pemantauan dan penyekatan di beberapa titik,” kata Warsono.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif