ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Kebijakan Jokowi Soal MBKM Disebut Memperkuat Kompetensi SDM

Nasional Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Sumber Daya Manusia
Deny Irwanto • 12 Mei 2022 18:51
Ambon: Kebijakan sektor pendidikan yang digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut mampu mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah.
 
Guru Besar sekaligus Wakil Rektor Universitas Pattimura (Unpatti), Fredy Leiwakabessy, mengatakan kompetensi yang kian meningkat dapat mempercepat terwujudnya kemajuan bangsa.
 
"Iya sangat (memperkuat SDM) melihat demikian dalam program MBKM misalnya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) itu," kata Fredy di Ambon, Maluku, Kamis, 12 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 34 Mahasiswa UB Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru Lewat Program MBKM
 
Fredy mengatakan kebijakan dalam sektor pendidikan yang telah diluncurkan Jokowi membentuk sebuah instrumen penting dalam upaya mendukung penguatan kompetensi generasi muda. Termasuk di dalamnya para mahasiswa.
 
Salah satu yang menjadi perhatian Fredy yakni dengan hadirnya Program MBKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Dia menilai program tersebut mampu meningkatkan mutu pembelajaran di kampus.
 
Menurut Fredy program MBKM yang begitu digencarkan di era Pemerintahan Jokowi menghadirkan berbagai dampak positif. Baik bermanfaat bagi mahasiswa ataupun untuk kampus itu sendiri.
 
"Begitu banyak program unggulan seperti pertukaran mahasiswa merdeka, kampus mengajar, kompetensi kurikulum, kemudian magang, sertifikasi, hingga Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)," jelas Fredy.
 
Fredy menambahkan dengan itu semua nantinya dapat membuat daya saing kampus menjadi lebih meningkat. Peningkatan tersebut terjadi mulai dari sisi akademik, kelembagaan, maupun kualitas SDM mahasiswa, hingga tenaga pengajar.
 
Sehingga ke depan akan membentuk sebuah kompetisi yang ketat dan sehat antar perguruan tinggi atau kampus. Selain juga bisa menjadi pendorong terciptanya  mahasiswa kaya dengan pengetahuan, berwawasan luas, yang siap terjun ke dunia kerja.
 
"Jadi melalui program pendidikan itu terutama kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk bersaing dan berkompetisi antar kampus. Itu luar biasa," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif