ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Risma Terapkan Kebijakan Tes Swab Bagi Tamu

Nasional Virus Korona New Normal Protokol Covid-19
Amaluddin • 10 September 2020 14:02
Surabaya: Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menerapkan kebijakan tes swab bagi tamu yang menginap di Surabaya. Langkah ini untuk mencegah terjadinya gelombang kedua penyebaran covid-19.
 
"Warga yang baru datang kita harus lakukan rapid dan swab rutin, itu sudah ada di beberapa tempat. Jadi kita arahkan para tamu itu yang akan menginap harus dilakukan itu (swab) dulu," kata Risma di Tugu Pahlawan, Surabaya, Kamis, 10 September 2020.
 
Baca: Wagub Babel Mendapati Rombongan ASN Tak Bermasker

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Risma mengeklaim kondisi Surabaya sudah lebih baik dari sebelumnya. Angka kesembuhan harian covid-19 rata-rata jauh lebih tinggi dari angka positif covid-19. Tapi kata Risma situasi ini harus dijaga agar tidak terjadi gelombang kedua seperti yang terjadi di DKI Jakarta.
 
"Data kita angka kesembuhan itu jauh lebih tinggi daripada angka yang positif. Tapi kita memang tidak boleh ceroboh, tidak boleh kemudian ada reborn atau kembali," jelasnya.
 
Menurutnya kebijakan pengawasan protokol kesehatan diprioritaskan untuk komunitas kecil seperti rumah makan, warung kopi, dan sejenisnya. Karena menurut Risma tenaga kelurahan serta Babinkamtibmas dan Babinsa, sangat terbatas untuk mengawasi komunitas besar.
 
 

"Yang kita jaga memang di komunitas kecil seperti di warung kopi, restoran kemudian di mal Itu yang kita jaga. Jadi kita memang harus disiplin di situ. Karena kalau (komunitas) besar terlalu berat, dan kita juga gak ada," ungkapnya.
 
Saat ini ada 900 lebih kamar di Rumah Sakit sudah kosong. Kemudian 58 kamar yang ada ventilatornya juga kosong, ICU kurang lebih 26 kosong, dan sekitar 500 pasien yang karantina di rumah dan di Rumah Sakit.
 
"Hampir 75 persen pasien yang dirawat di rumah sakit itu sudah negatif, tapi belum bisa dikeluarkan karena masih menderita penyakit yang menyertainya. Mudah-mudahan ini bisa segera selesai, sehingga ekonomi Surabaya segera pulih kembali," ujar Risma.
 
(DEN)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif