ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Orang Tua Harus Hati-hati! 7 Anak di Palembang Meninggal karena DBD Sepanjang 2022

Gonti Hadi Wibowo • 28 September 2022 15:29
Palembang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang mencatat tujuh anak-anak di meninggal dunia akibat demam berdarah dengue (DBD) sepanjang 2022. Dinkes mengimbau kepada para orang tua untuk bereaksi cepat saat anak mereka menderita demam dengan membawa ke fasilitas kesehatan terdekat. 
 
"Jadi orang tua harus meningkatkan kewaspadaan dan menjaga pola hidup bersih dan sehat agar tidak ada korban tambahan akibat DBD, terutama anak-anak," kata Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, Rabu, 28 September 2022.
 
Yudhi mengatakan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), DBD yang menyerang anak-anak dipengaruhi karena mereka sering menghabiskan waktu di ruangan. Penyakit DBD paling banyak terkena di usia anak-anak, balita, maupun bayi.
 
Baca: Kasus DBD di Payakumbuh Mencapai 61 Orang, Terbanyak Terjadi di Kawasaan Padat Penduduk

"Anak-anak kan pasti lebih sering di dalam ruangan, sementara ruangan memiliki risiko paling tinggi, nyamuk DBD berkumpul apabila lingkungan tidak bersih. Seperti ruangan dengan kondisi lembab dan gelap,” jelas dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk mewaspadai dan mencegah DBD agar korban tidak bertambah. 
 
“Masyarakat harus selalu ingat 3M, yakni menguras, menutup dan mengubur,” ucapnya.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif