ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Musim Hujan, Kasus Flu Singapura di Kulon Progo Mulai Muncul

Ahmad Mustaqim • 24 November 2022 12:11
Kulon Progo: Kasus flu Singapura banyak dialami anak-anak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meski tak begitu berbahaya, penyakit itu mempengaruhi perkembangan anak. 
 
Dias, seorang ibu di Kulon Progo, mengatakan anaknya mengalami gejala mengerah ke flu Singapura. Anaknya yang berusia hampir lima tahun tampak tidak semangat.
 
"Biasanya anak itu semangat, tapi karena sariawan jadi turun semangatnya buat main atau bergerak. Ada juga bintik-bintik di tangan dan kaki," kata Dias dihubungi, Kamis, 24 November 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sariawan menjadi salah satu gejala yang muncul pada orang penderita flu Singapura. Selain itu, biasanya muncul bintik-bintik merah di tangan, kaki, hingga sekitar wajah.
 
"Sebelum ini waktu saya dan anak ke Puskesmas juga lihat ada anak lagi kena flu Singapura. Tidak tahu anak saya kena dari mana," ujarnya. 
 
Baca: Kenali Gejala Awal Anak Terkena Flu Singapura

Dias mengatakan flu Singapura menyebar lewat bersin, kontak kulit, dan air liur. Di sisi lain, orang yang kena flu Singapura bisa sembuh dengan perawatan mendiri disertai obat-obatan sesuai rekomendasi medis. 
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Sri Budi Utami, mengatakan tak ada lonjakan kasus berarti penyakit tersebut. Menurut dia, flu jenis itu kini bisa terjadi di berbagai wilayah.
 
"Flu Singapura ini seperti halnya flu yang lainnya. Tidak ada kekhususan wilayah (penyebaran). Jadi bisa saja terjadi di semua wilayah," ujar Sri.
 
Ia mengimbau agar para orang tua memperhatikan dengan baik kebersihan anak-anaknya. Ia menekankan pentingnya menerapkan budaya hidup sehat, termasuk memakai masker saat beraktivitas di luat, sering cuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak, dan menghindari kerumunan.
 
"Anak-anak kita ajak untuk meningkatkan imunitas ataundaya tahan tubuh, yaitu dengan melakukan Germas, PHBS. Makan bergizi, minum cukup, olah raga, istirahat cukup serta kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya," katanya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif