Wali Kota Malang, Sutiaji. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
Wali Kota Malang, Sutiaji. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq

Hepatitis Akut Merebak, Wali Kota Malang Minta Warga Tak Panik

Nasional penyakit aneh penyakit menular Kota Malang Hepatitis Akut
Daviq Umar Al Faruq • 11 Mei 2022 14:09
Malang: Kasus hepatitis akut misterius sejauh ini masih belum ditemukan di wilayah Kota Malang, Jawa Timur. Seperti diketahui, ancaman hepatitis akut misterius pada anak semakin menjadi kekhawatiran di kalangan masyarakat.
 
"Dari informasi Kepala Dinas Kesehatan tidak ada, dan mudah-mudahan tidak ada. Namun kita tetap waspada,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu 11 Mei 2022.
 
Sutiaji menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah melakukan berbagai antisipasi seperti penguatan imunisasi untuk mencegah adanya hepatitis maupun hepatitis akut. Selain itu, antisipasi dan sosialisasi juga dilakukan di sekolah-sekolah serta puskesmas agar masyarakat lebih waspada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk langkah pencegahannya, diakui Sutiaji, tidak jauh beda dengan serangan virus atau penyakit lainnya. Yaitu selalu menjaga kebersihan, berpola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
 
“Kami imbau masyarakat tidak perlu panik namun tetap waspada,” imbuhnya.
 
Baca: Bima Arya Instruksikan Dinkes Awasi Gejala Hepatitis Akut
 
Sebagai informasi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus hepatitis akut di Indonesia bertambah. Pemerintah memasifkan penelitian hingga menggandeng negara lain.
 
“Sampai sekarang di Indonesia ada 15 kasus (hepatitis akut),” kata Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Senin, 9 Mei 2022.
 
Budi mengatakan pemerintah telah berdiskusi dengan Pengendalian Pencegahan Penyakit Menular Amerika Serikat (CDC) dan CDC Inggris. Mereka menyimpulkan belum bisa memastikan virus apa yang menyebabkan penyakit tersebut.
 
“Penelitian sedang dilakukan bersama oleh Indonesia, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), Amerika Serikat, dan Inggris untuk mendeteksi cepat penyebabnya,” papar dia.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif