ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkab Batang usulkan UMK 2021 naik 3,27 persen

Nasional ketenagakerjaan upah ump
Antara • 03 November 2020 20:40
Batang: Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengusulkan besaran upah minimum kabupaten (UMK) 2021 sebesar Rp2.061.700 atau naik 3,27 persen dibanding tahun sebelumnya Rp1.900.000.
 
Bupati Batang, Wihaji, mengatakan besaran upah minimum Kabupaten Batang 2021 sama dengan besaran usulan UMK Provinsi Jateng yaitu 3,27 persen.
 
"Usulan kenaikan UMK 2021 sudah kami ajukan ke Pemprov Jateng dan kini keputusannya berada di tangan Gubernur Ganjar Pranowo," kata Wihaji di Batang, Selasa, 3 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Buruh di Banten Minta Kenaikan UMK 8,5%
 
Wihaji mengatakan usulan besaran kenaikan UMK sebesar 3,27 persen berdasar hasil rapat tripartit yaitu asosiasi pengusaha Indonesia (Apindo), serikat pekerja, dan pemerintah daerah.
 
"Namun, untuk kepastian kenaikan UMK ini tetap menjadi keputusan gubernur. Kenaikan UMK bukan masalah dari kemampuan perusahaan tetapi jika nanti sudah menjadi keputusan maka harus dilaksanakan dengan baik oleh perusahaan," jelasnya.
 
Menurut dia standar kenaikan upah pekerja sekitar 3,2 persen tetapi Pemprov Jateng menaikkan sebesar 3,27 persen sehingga Kabupaten Batang hanya menyesuaikan. Wihaji mengatakan pemkab memahami suasana kebatinan perusahaan dan para pekerja yang terjadi sekarang ini karena masih dalam kondisi pandemi covid-19.
 
"Apabila besaran UMK sudah ditetapkan maka perusahaan seyogyanya dapat menerima keputusan itu. Jika nanti ada perusahaan yang nakal atau tidak mau menaikkan upah pekerja maka kami akan memproses sesuai aturan," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif