Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara. (Foto: Medcom.id/Rhobi)
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara. (Foto: Medcom.id/Rhobi)

Hampir Separuh APBD Jepara Habis untuk Gaji Pegawai

Nasional apbd
Rhobi Shani • 16 Januari 2020 12:47
Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menghabiskan 43 persen dari Rp2,4 triliun anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) untuk membayar gaji pegawai. Jumlah pegawai saat ini sebanyak 13.127 orang.
 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara, Diyar Susanto, mengatakan, pegawai tak hanya yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) namun mencakup juga tenaga honorer.
 
“Jumlah pegawai per Januari 2020 yang ASN 7.917 orang dan yang honorer 5.210 orang. Jumlah ini pun masih kurang,” ujar Diyar, Kamis, 16 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati hampir separuh APBD terserap untuk upah pegawai, Diyar memastikan mekanisme gaji ASN sesuai dengan peraturan pemerintah. Sedangkan gaji pegawai honorer dihitung berdasarkan beban tugas dan upah harian mulai Rp80 ribu hingga Rp90 ribu per hari.
 
“Kami sudah membuat surat edaran ke OPD (organisasi perangkat dinas) jangan sampai ada penambahan (honorer). Surat itu menindaklanjuti PP Nomor 49 tentang manajemen pegawai. Dalam aturannya (tidak menerima honorer) sampai lima tahun ke depan,” terang dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif