Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Api Masih Berkobar di Gunung Putri Garut

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan kebakaran gunung
Kristiadi • 24 Oktober 2019 14:33
Garut: Kobaran api di kawasan Gunung Putri, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, berupaya dipadamkan oleh tim gabungan. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan itu terjadi di lima titik, sejak Senin, 24 Oktober hingga Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mengungkap lima titik itu yakni di Kecamatan Pamulihan, Pasir Bajing Banyuresmi, Gunung Masigit Cihurip, Hutan Sancang Cibalong, dan lahan di Gunung Putri Tarogong Kaler.
 
"Kawasan yang terbakar bervariatif mulai yang terkecil seluas empat hektare hingga delapan hektare, api membakar ilalang, tanaman palawija, hingga pohon di lahan milik perhutani dan cagar alam BKSDA," ujar Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, Kamis, 24 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tubagus mengungkap luas areal terbakar di Kabupaten Garut tercatat 100 hektare. Luasnya area yang terbakar lantaran medan yang sulit dan minimnya pasokan air.
 
"Karena kebakaran di kawasan itu memiliki daratan cukup tinggi dan jauh dari pemukiman dan menyebabkan petugas tidak bisa mencari air untuk memadamkan kobaran api," ujarnya.
 
Dia memperkirakan luas area yang terbakar di Kabupaten Garut meluas. Dia menduga karhutla disebabkan kesengajaan atau faktor alam.
 
"Kami akan terus berupaya melakukan upaya itu dengan berkordinasi dengan kepolisian dan TNI, supaya kebakaran tersebut tidak sampai meluas ke lahan lainnya," tuturnya
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif