Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Penyakit Kusta Dianggap Umum di Sumenep

Nasional penyakit kusta
Rahmatullah • 28 Januari 2020 01:59
Sumenep: Penderita kusta di Sumenep, Jawa Timur, cukup tinggi. Bahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur merilis penderita penyakit itu paling banyak bila dibandingkan dengan kabupaten atau kota lain. Angkanya mencapai 327 penderita.
 
"Masyarakat sudah menggangap biasa. Yang sudah sembuh juga menjadi motivator bagi yang menderita," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumenep, Kusmawati, Senin, 27 Januari 2020.
 
Menurut dia, penyandang kusta tak menganggap penyakitnya sebagai aib. Penderita juga terbiasa berinteraksi dengan warga lain yang menganggap penyakit itu hal umum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, Kusmawati meminta masyarakat yang berinteraksi rutin memeriksa kesehatan. Sehingga ketika ada tanda-tanda terjangkit penyakit kusta, mereka bisa segera diobati.
Kusmawati tidak mempersoalkan angka tinggi atau rendahnya penderita tersebut. Yang penting mereka mau berobat. Menurutnya, saat ini pengobatan sudah tidak sesulit tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat sudah punya kesadaran sendiri untuk segera memeriksa kesehatan ke Puskesmas tersebut ketika merasa ada gejala penyakit tersebut.
 
"Kalau pengobatan di Puskesmas, efeknya memang agak hitam (kulitnya) nanti. Dan pengobatannya gratis semua," jelasnya.
 
Tetapi bagi penderita yang kebetulan menderita penyakit lain, seperti tangan kaku dan lainnya, Kusmawati menjelaskan harus direhabilitasi ke salah satu rumah sakit di Mojokerto. Dia berharap angka penderita terus berkurang.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif