Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Penderita Kusta di Kabupaten Sumenep Terbanyak se-Jatim

Nasional penyakit kusta
Amaluddin • 25 Januari 2020 11:04
Surabaya: Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur menemukan 2.668 penderita kusta baru sepanjang 2019. Dari angka itu, Kabupaten Sumenep, Madura, menjadi daerah tertinggi dengan penderita kusta di Jatim, yakni 327 orang.
 
"Ribuan penderita kusta itu tersebar di berbagai daerah di Jatim, tertinggi terjadi di Sumenep," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, Herlin Ferliana, Sabtu, 25 Januari 2020.
 
Herlin memerinci daerah tertinggi kedua adalah Sampang dengan 280 orang, Jember 228 orang, Pasuruan 178 orang, Pamekasan 149 orang, Bangkalan 147 orang, Lumajang 127 orang, Situbondo 109 orang, Tuban 108 orang, dan Probolinggo 106 penderita kusta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, Herlin mengeklaim prevalensi kusta di Jatim terjadi penurunan. Pada 2018, prevalensi penderita kusta dari 0,92 persen turun menjadi 0,84 per 10 ribu penduduk pada 2019.
 
Penurunan ini juga terjadi pada jumlah kabupaten/kota yang belum eliminasi kusta. Yaitu Sampang, Pamekasan, Sumenep, Bangkalan, Lumajang, Situbondo, Tuban, Probolinggo, dan Jember. Sementara Pasuruan sudah eliminasi.
 
"2019 terjadi penurunan jumlah kabupaten yang belum eliminasi kusta. Dari 10 kabupaten/kota pada tahun 2018, ada sembilan kabupaten/kota di Jatim masih endemis kusta," ungkapnya.
 
Untuk menekan angka penderita kusta itu, Herlin mengaku terus melakukan deteksi sejak dini, dan pendampingan terhadap daerah yang belum eliminasi kusta. Ia juga mengimbau masyarakat agar segera berobat, jika ditemukan bercak putih di kulit, agar tidak menular ke orang sekitar.
 
"Penyakit kusta itu menular namun bisa diobati dan dicegah. Semakin cepat ditemukan, peluang sembuh sempurna juga lebih besar. Meskipun sudah mengalami cacat, juga bisa disembuhkan dengan cara rehabilitasi," pungkasnya.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif