NEWSTICKER
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. Foto: ANT/Puspa Perwitasari
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. Foto: ANT/Puspa Perwitasari

Emil Dardak Janji Garam Petani Lokal Terserap

Nasional garam
Amaluddin • 04 September 2019 19:35
Surabaya: Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak memberi angin segar ke petani garam yang menggelar aksi di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, siang tadi. Emil berjanji merealisasikan penyerapan garam milik petani lokal.
 
Penyerapan dilakukan sesuai nota kesepahaman antara pabrik pengolah garam dengan mitra pemasok di Jakarta pada 6 Agustus lalu. Selain itu, Emil memastikan harga jual garam di petani naik.
 
"Penyerapan akan terus berlanjut sesuai kesepakatan beberapa waktu lalu," kata Emil, saat menemui para pendemo, di Surabaya, Rabu, 4 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, lanjut Emil, pemerintah pusat sedang menggodok aturan harga pokok penjualan (HPP) garam. Aturan itu sangat penting untuk menentukan kesejahteraan petani garam lokal. Dia berharap masyarakat turut mengawasi distribusi garam di tingkat hilir.
 
"Saya harap masyarakat Jatim turut mengawal kebocoran garam," ujarnya.
 
Emil menjelaskan masih terjadi kebocoran garam impor, yang seharusnya tidak diedarkan ke masyarakat. Sehingga menjadi penyebab garam petani anjlok.
 
Dia menerangkan sesuai kesepakatan di Jakarta para pabrik pengolah garam seharusnya menyerap 800 ribu ton garam dari Jatim pada 2019. Emil memastikan perwakilan pabrik akan meneruskan penyerapan sesuai MoU yang telah dilakukan.
 
"Pabrik-pabrik sudah memastikan penyerapan garam dilanjut," ujarnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif