NEWSTICKER
turap Kali Jantung, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong Jawa Barat jebol, Sabtu, 15 Februari 2020
turap Kali Jantung, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong Jawa Barat jebol, Sabtu, 15 Februari 2020

Turap Jebol, Ratusan Rumah di Depok Terendam Banjir

Nasional banjir bandang bencana longsor bencana banjir
Octavianus Dwi Sutrisno • 15 Februari 2020 22:18
Depok: Hujan deras selama beberapa jam di Kota Depok, menyebabkan turap Kali Jantung, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong Jawa Barat jebol, Sabtu, 15 Februari 2020. Akibatnya material turap berjatuhan hingga menutupi kali dan airnya meluap membanjiri ratusan rumah warga di Pondok Tirta Mandala.
 
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bencana Gandara Budiana mengatakan aliran air dari Kali Jantung menggerus pondasi turap.
 
"Runtuhannya memenuhi kali, dan airnya meluap dan membanjiri perumahan. Diperkirakan ada 150 rumah yang terdampak banjir," Ucap Gandara kepada Medcom.id Sabtu 15 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Petugas dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, bersama aparat kepolisian, TNI, Tagana, dan warga setempat berusaha mengangkat material longsor untuk meminimalisasi banjir.
 
Sementara itu di lokasi kejadian, Adi, warga RT 04 RW 18 Pondok Tirta Mandala Kecamatan Cilodong mengatakan air luapan Kali Jantung sempat naik tinggi hingga masuk kedalam tempat tinggalnya sekitar pukul 16.00 WIB.
 
"Biasanya air cuma lewat. Tapi, karena ada longsor turap di depan akhirnya luapannya tumpah ke sini. Ada sekitar tiga jam banjir bertahan sebatas perut," katanya.
 
Turap Jebol, Ratusan Rumah di Depok Terendam Banjir
 
Warga sempat ketakutan, pasalnya saat kejadian aliran air yang melintas sangat cepat dan deras. Kebanyakan warga hanya bisa bertahan di dalam rumah.
 
"Sekarang air sudah mulai surut sedikit-sedikit. Padahal, rumah warga di sini rata-rata sudah dinaikkin bagian depannya, tapi tetep aja banjir masuk juga," jelasnya.
 
Yuki warga RT 04 RW 18 Pondok Tirta Mandala Kecamatan Cilodong menyebut ada tiga RT yang terdampak banjir cukup parah. Namun, diakuinya kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa.
 
"Jadi rumah warga yang terendam itu di RT 04, 03,05. Terparah di RT 04, karena saat kejadian air belok dan deras ke tempat kami," paparnya.
 
Pantauan Medcom.id sekitar pukul 22. 01 WIB, terlihat alat berat diturunkan untuk melakukan pengerukan material turap yang longsor dan memenuhi Kali Jantung. Sementara, volume banjir juga mulai menurun.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif