Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Ketahuan Pungli, Lurah Paninggilan Utara Ciledug Dinonaktifkan

Nasional pungutan liar Pungli Pemkot Tangerang
Hendrik Simorangkir • 06 Agustus 2021 17:37
Tangerang: Lurah Paninggilan Utara, Tamrin, dinonaktifkan dari jabatannya lantaran melakukan praktik pungutan liar (pungli). Tamrin diketahui meminta uang tanda tangan sebesar Rp250 ribu dari anak yatim untuk mengurus surat ahli waris. 
 
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan penonaktifan Lurah Paninggilan Utara dilakukan usai pemeriksaan oleh Inspektorat dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang, Banten. 
 
"Yang bersangkutan (Tamrin) sudah dipanggil dan kita nonaktifkan dulu sebagai Lurah, karena sudah ada penjelasan dan lain sebagainya. Akan kita berikan sanksi," ujar Arief, Jumat, 6 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arief menuturkan pemberhentian sementara itu terhitung mulai per Jumat, 6 Agustus 2021, hingga pemeriksaan selesai dilakukan. Namun, Arief mengaku belum tahu berita acara pemeriksaan yang dilakukan BKPSDM Kota Tangerang.
 
"Iya per hari ini nonaktifnya. Untuk berita acaranya ada di BPKSDM," ucap dia. 
 
Baca: Walkot Tangerang: Lurah Paninggilan Utara Ciledug Bisa Diberhentikan
 
Sebelumnya, viral video berisi dugaan pungli yang dilakukan oknum Kelurahan Paninggilan Utara, Ciledug, Kota Tangerang. Dalam video, oknum tersebut meminta uang tanda tangan untuk pembuatan ahli waris kepada anak yatim.
 
Video yang diterima berisikan narasi dari seorang perekam yang diduga paman dari anak yatim tersebut saat mendatangi kantor kelurahan dan menemui oknum kelurahan tersebut. Perekam kemudian menanyakan ihwal permintaan uang sebesar Rp250 ribu dari oknum kelurahan itu.  
 
"Ini maksudnya ada fee-nya ya pak," kata perekam itu. Kemudian, oknum kelurahan tersebut pun menjawabnya dengan santai. "Ya ada itu mah," ucap oknum tersebut.

 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif