Jembatan Pemangku Way Pilah Pekon Atarkuwaw putus diterjang banjir. Istimewa
Jembatan Pemangku Way Pilah Pekon Atarkuwaw putus diterjang banjir. Istimewa

Jembatan Penghubung Desa di Lampung Barat Putus, 30 KK Terisolasi

Lampost • 31 Oktober 2021 21:00
Lampung: Sebanyak 30 lebih keluarga di Pemangku 5 Pikah, Pekon Atarkuwaw, Kecamatan Batuketulis, Lampung Barat, terisolasi. Jembatan Waypikah sebagai satu-satunya akses penghubung putus diterjang banjir, sekitar pukul 17.30 WIB, Sabtu, 30 Oktober 2021.
 
Dengan kondisi itu, warga kini bergotong-royong membuat jalan alternatif di dasar sungai. Peratin Atarkuwaw, Tri Ariyogi, mengatakan jembatan Waypikah satu-satunya akses keluar masuk warga. Jembatan itu dibangun permanen hasil dari gerakan membangun bersama rakyat (GMBR) pada 2012 lalu.
 
Namun, hujan lebat yang terjadi turut menimbulkan banjir dan menerjang badan jembatan hingga putus dan hanyut. Akibatnya, arus lalu lintas warga sekitar menjadi terhambat. Untuk sementara warga yang hendak keluar masuk harus menyeberangi sungai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Akses Jalan Mamuju-Mamasa Tertutup Longsor, Lalu Lintas Macet Hingga 2 Km
 
"Jika cuaca sedang normal, tidak hujan dan airnya surut, maka warga bisa menyeberangi sungainya. Tapi, kalau lagi hujan masyarakat takut menyeberang karena khawatir banjir tiba-tiba datang," kata Tri Ariyogi, Minggu, 31 Oktober 2021.
 
Untuk itu, pihaknya akan segera menyampaikan kepada Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar ditindaklanjuti. Sebab, warga sangat berharap jembatan itu segera diperbaiki.
 
Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Lambar, Mekal Novisa, mengaku pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan jembatan di Pekon Atar Kuwaw tersebut.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif