Banjir di perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi. Foto: ANT/Saptono
Banjir di perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi. Foto: ANT/Saptono

Tanggul Rusak di Bekasi Segera Diperbaiki

Nasional banjir jakarta
Antonio • 08 Januari 2020 14:29
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa barat, segera memperbaiki tanggul rusak yang terdampak banjir. Perbaikan dilakukan untuk mencegah luapan air sungai saat hujan deras.
 
"Kita melakukan rekonstruksi, tidak hanya pembersihan terhadap lumpur dan sampah. Tetapi juga beberapa lokasi yang memang tanggulnya betul-betul jebol," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, di Bekasi, Rabu 8 Januari 2020.
 
Dia mengungkap sebanyak 180 titik tanggul rusak di Kotan Bekasi. Ratusan tanggul itu telah diajukan untuk diperbaiki oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau untuk di Kali Bekasi saja ada sekitar 86 titik, tapi kalau untuk seluruh Kota Bekasi hampir di atas 180-an," ujarnya.
 
Pihaknya berencana memasang karung pasir di sejumlah tanggul untuk pencegahan jangka pendek, penggunaan bronjong akan dimaksimalkan. Sementara anggaran yang dipakai untuk perbaikan melalui biaya tidak terduga (BTT).
 
"Kalau kemarin cuma Rp6 miliar (BTT) mungkin nanti ada tambahan," tuturnya.
 
Sebanyak 93 titik banjit terdapat di Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu, 1 Januari 2019. Banjir di Kota Bekasi disebabkan jebolnya tanggul akibat tak kuat menahan luapan air saat hujan deras mengguyur.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif