Suasana ibadah di masjidil Haram. (AFP)
Suasana ibadah di masjidil Haram. (AFP)

Bandara Juanda Kembali Berangkatkan Jemaah Umrah

Media Indonesia.com • 15 Maret 2022 13:55
Sidoarjo: Pemberangkaatan jemaah umrah via Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, resmi dibuka lagi setelah dua tahun pandemi covid-19. Tahap awal sebanyak 392 jemaah diberangkatkan ke Tanah Suci pada Senin, 14 Maret 2022.
 
Selama ini pemberangkatan jemaah umrah hanya terkonsentrasi dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Kebijakan itu menyulitkan jemaah karena harus menunggu lebih lama untuk mendapat giliran keberangkatan.
 
Sejak dibukanya Bandara Juanda sebagai salah satu titik pemberangkatan jemaah umrah, banyak pihak yang menyambut positif. Terutama jemaah, juga penyelenggara haji dan umrah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mengawali, ada 392 jemaah umrah yang akan diberangkatkan dari Terminal 2 Bandara Juanda menggunakan maskapai Lion Air," jelas Mohammad Umar Bakada, Direktur Dream Tour, di Surabaya, Selasa, 15 Maret 2022.
 
Baca juga: 1.380 Km Jalan di Kota Depok Minim Fasilitas Lalu Lintas
 
Dari 9.000 jemaah umrah dari Jawa Timur, tersisa 8.041 jemaah yang belum diberangkatkan. Dibukanya pintu pemberangkatan umrah via Bandara Juanda juga diharapkan dapat memberangkatkan lebih banyak jemaah dari Jawa Timur.
 
Terlebih, menjelang Ramadan menjadi kabar baik bagi masyarakat Jawa Timur, karena dapat memiliki peluang lebih besar untuk menikmati Ramadan dari Tanah Suci.
 
"Nantinya pemberangkatan jemaah umrah akan dilakukan dua kali dalam seminggu lewat bandara juanda," papar Umar.
 
Umar menambahkan, sesampainya nanti di Arab Saudi, 392 jemaah ini tidak perlu lagi melakukan PCR dan karantina karena Otoritas Arab Saudi sudah menghapus ketentuan tersebut.
 
Namun sesampainya kembali di Surabaya, tetap akan diberlakukan kewajiban PCR dan karantina bagi jemaah selama dua hari. Selain itu hanya jemaah yang sudah melangsungkan vaksin minimal 2 kali yang dapat diberangkatkan umrah.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif