Warga Kota Malang lalu-lalang di tengah imbauan social distancing. Medcom.id-Daviq Umar Al-Faruq
Warga Kota Malang lalu-lalang di tengah imbauan social distancing. Medcom.id-Daviq Umar Al-Faruq

Positif Covid-19 Sembuh, Warga Malang Langgar Social Distancing

Nasional Virus Korona
Daviq Umar Al Faruq • 04 April 2020 15:56
Malang: Wali Kota Malang Sutiaji prihatin warganya kembali melanggar imbauan social distancing (jaga jarak sosial) dan physical distancing (jaga jarak fisik). Hal itu setelah informasi kesembuhan tiga pasien positif covid-19 (korona) di Kota Malang.
 
"Itu bisa kita lihat 2-3 hari ini pasca kita kabarkan tiga pasien positif sembuh, ternyata publik merespon seakan Kota Malang sudah aman (jalan raya ramai kembali)," kata Sutiaji di Malang, Sabtu, 4 April 2020.
 
Sutiaji senang pasien positif covid-19 dinyatakan sembuh. Namun, masyarakat salah memahami seolah virus sudah hilang di kota apel itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi diantara kegembiraan, saya prihatin karena ini sungguh membahayakan. Sudah berulangkali saya sampaikan hati-hati dan jangan lengah. Ini belum berakhir, dan angka ODR, ODP, serta PDP terus bertambah," imbuhnya.
 
Sutiaji mengimbau masyarakat Kota Malang tetap mematuhi imbauan dan seruan yang telah dikeluarkan pemerintah untuk berdiam diri di rumah. Hal itu demi mencegah penyebaran virus korona meluas.
 
"Kita bisa membantu mengatasi kondisi tersebut, dengan mencegah agar PDP tidak terus bertambah, dan kunci utama saat ini adalah physical distancing. Sudahlah kita sementara waktu beraktifitas di rumah saja, dan kami bersama Pak Kapolresta dan Pak Dandim bersepakat untuk mengetatkan orang yang masuk ke Kota Malang," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, kasus virus korona atau covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur, terus bertambah. Per Jumat 3 April 2020, jumlah kasus orang dengan resiko (ODR) bertambah 10 orang dari hari sebelumnya, menjadi 663 orang.
 
Kemudian, kasus orang tanpa gejala (OTG) menjadi 52 orang. Puluhan orang ini masuk ke dalam kategori OTG karena memiliki kontak erat dengan pasien positif covid-19.
 
Sedangkan, kasus orang dalam pantauan (ODP) bertambah 81 orang dari hari sebelumnya, menjadi 248 orang. Bila ditotal jumlah ODP di Kota Malang sebanyak 314 orang, namun sejumlah 66 orang telah melewati masa pantau.
 
Sementara itu, jumlah kasus pasien dengan pengawasan (PDP) sejumlah sebanyak 38 orang. Rinciannya, dua orang meninggal dunia, 11 orang dinyatakan sembuh dan 25 orang masih dirawat.
 
Terakhir, jumlah kasus pasien positif covid-19 sebanyak 5 orang. Tiga diantaranya telah dinyatakan sembuh sedangkan dua sisanya masih menjalani perawatan.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif