Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat meninjau vaksinasi di RSUD Bung Karno Solo. (ANTARA: Pemkot Surakarta)
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat meninjau vaksinasi di RSUD Bung Karno Solo. (ANTARA: Pemkot Surakarta)

Wali Kota Solo Buka Ruang Aduan via Media Sosial

Antara • 02 Maret 2021 07:12
Solo: Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka membuka ruang aduan dari masyarakat melalui media sosial dan berkomitmen untuk menanggapinya secara cepat.
 
"(Solo) kan smart city, reformasi birokrasi, pokoknya kami ingin semuanya serba cepat," katanya di Solo, Senin, 1 Maret 2021.
 
Ia mengatakan hal ini sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada pelantikan kepala daerah beberapa waktu lalu, yaitu kepala daerah diharuskan memiliki akun sosial media.

Selanjutnya, akun sosial media ini dijadikan sebagai kanal aduan masyarakat yang ingin menyampaikan keluh kesahnya kepada wali kota.
 
"Kita sudah mulai, ada aduan masyarakat tentang aspal bolong, genangan air, secara fast respons kami tangani semua," ungkapnya.
 
Baca juga: PPKM di Sumatra Utara Diperpanjang Dua Pekan
 
Ia mengakui selama ini Pemerintah Kota Surakarta sudah membuka ruang aduan dari masyarakat melalui program unit layanan aduan Surakarta (ULAS). Meski demikian, menurut dia ULAS sifatnya kurang pribadi.
 
"(Dengan sosial media) warga akan lebih terbuka untuk sambat ke Wali Kota langsung. Kalau ULAS kan keluhan ditulis, dibaca banyak orang. Ini (sosial media) kan lebih privat langsung fast respons," terang Gibran.
 
Dengan adanya aduan dari masyarakat yang masuk ke akunnya, Wali Kota bisa langsung melakukan koordinasi dengan dinas terkait.
 
"Bisa diselesaikan dalam berapa hari. Yang pasti ULAS sudah berjalan baik tetapi akan lebih baik lagi kalau kepala daerahnya aktif di sosial media," jelasnya.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MEL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan