Ilustrasi--Pemudik sepeda motor melintas di Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat. Dok. MI
Ilustrasi--Pemudik sepeda motor melintas di Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat. Dok. MI

Pemudik Sepeda Motor Padati Jalur Arteri Karawang

Nasional Mudik Lebaran Jawa Barat Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
MetroTV • 28 April 2022 12:22
Karawang: Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua mulai memadati jalur arteri Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada H-4 lebaran atau Kamis, 28 April 2022. Ribuan pemudik motor tercatat sudah melintas jalur ini.
 
Berdasarkan pantauan dari pos Tanjungpura, lonjakan jumlah kendaraan roda dua dimulai sejak Senin, 25 April 2022. Namun meningkatnya pergerakan pemudik motor belum menimbulkan kemacetan. 
 
Hanya saja perjalanan para pemudik mulai tersendat ketika melintasi pasar tradisional Kosambi. Laju kendaraan sedikit terhambat akibat ramainya aktivitas warga yang menyeberang jalan untuk keluar masuk pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala pos Tanjungpura untuk Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Vircan, menuturkan lonjakan kendaraan roda dua terjadi di jam-jam tertentu. 
 
"Biasanya mulai meningkat di jam enam petang, waktu berbuka puasa.  Sampai puncaknya menjelang waktu sahur. Kalau siang cenderung lengang. Mungkin karena pakai motor, kalau berangkat siang, cuaca panas, ditambah puasa. Makanya mereka pilih berangkat malam," ungkap Vircan.
 
Baca juga: Jalur Mudik Lintas Limbangan Jabar Mulai Terapkan Satu Arah
 
Sementara itu untuk jumlah kendaraan roda dua yang melintasi pos Tanjungpura dari pukul 07:00 WIB hingga 10.00 WIB hari ini, tercatat sebanyak 5.932 kendaraan. Jumlah ini meningkat 25 persen dari hari sebelumnya.
 
Kendaraan yang melintasi jalan Arteri tercatat masih didominasi oleh pemudik sepeda motor. Sementara untuk kendaraan roda empat atau mobil belum terlihat.
 
Vircan memprediksi puncak kemacetan arus terjadi pada malam ini hingga Jumat esok. Namun belum ada rekayasa lalu lintas yang mengharuskan para pemudik diarahkan melewati jalur alternatif khusus roda dua di Karawang. 
 
"Prediksi puncak arus mudik mulai hari ini, terlebih kalau sudah mulai diberlakukan one way di jalan tol. Kemacetan bisa terjadi karena roda empat dari arah Timur ke Barat menuju Jakarta akan dialihkan ke jalur arteri. Untuk saat ini arus kendaraan masih bisa ditangani," jelasnya. (Bambang Aris/Narendra Wisnu)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif