Mbok Yem, pemilik warung di puncak Gunung Lawu turun gunung (SS TikTok/@jun_alwi)
Mbok Yem, pemilik warung di puncak Gunung Lawu turun gunung (SS TikTok/@jun_alwi)

Viral, Mbok Yem Kuncen Puncak Lawu Turun Gunung Mau Mudik

Nasional TikTok Lebaran 2022 Mudik 2022
Rendy Renuki H • 28 April 2022 15:53
Jakarta: Mbok Yen yang kerap dijuluki kuncen puncak Gunung Lawu akhirnya turun gunung. Momen itu pun viral usai dibagikan akun TikTok @jun_alwii.
 
Sosok Mbok Yem memang sudah tidak asing lagi di kuping para pendaki. Lantaran wanita itu menjadi pemilik warung tertinggi di Indonesia.
 
Ya, Mbok Yem memiliki warung di puncak Gunung Lawu yang memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Warung yang telah dibuka sejak 35 tahun lalu itu kerap menjadi penolong para pendaki saat kehabisan logistik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kini, Mbok Yem memutuskan turun gunung dari warungnya di atas puncak Lawu. Rupanya, dia turun gunung untuk mudik merayakan Lebaran di rumah.
 
"Mbok yem sang srikandi gunung lawu turun gunung untuk berlebaran di rumah," tulis keterangan pemilik akun TikTok @jun_alwi, dikutip Kamis 28 April 2022.
 
Dalam video TikTok berdurasi 28 detik itu, wanita bernama asli Wakiyem digotong dua orang dengan tandu dari puncak lawu.
 
Tandu yang digunakan untuk mengangkut Mbok Yem pun cukup sederhana. Terbuat dari potongan bambu dan terdapat tempat duduk di tengahnya untuk Mbok Yem.
 
Menurut informasi, kegiatan turun gunung yang dilakukan Mbok Yem rutin dilakukannya setahun sekali. Saat masih muda, Mbok Yem tak perlu ditandu ketika turun gunung hendak pulang ke rumahnya.
 
Namun seiring bertambahnya usia, Mbok Yem pun kini perlu membutuhkan bantuan saat turun gunung dari puncak Lawu.
 
Unggahan TikTok Mbok Yem turun gunung itu pun viral dan mendapatkan banyak tanggapan. Salah satunya dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
 
"Sehat selalu Mbok Yem," tulis Ganjar di kolom komentar unggahan tersebut.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif