Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo di Aceh, Kamis, 28 Oktober 2021. Medcom.id/ Fajri Fatmawati
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo di Aceh, Kamis, 28 Oktober 2021. Medcom.id/ Fajri Fatmawati

Menpan RB Minta ASN Turun dan Serap Aspirasi Masyarakat

Fajri Fatmawati • 28 Oktober 2021 15:42
Banda Aceh: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, meminta aparatur sipil negara (ASN) tidak asik duduk di kantor. ASN diminta turun ke lapangan untuk menyerap keluhan dan aspirasi masyarakat.
 
"Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Peternakan harus turun ke kecamatan. Pegawai jangan hanya duduk bertumpuk di kantor, dapat laporan tertulis harus ngecek betul," kata Tjahjo di Banda Aceh, Kamis, 28 Oktober 2021.
 
Baca: Batal Demo saat Sumpah Pemudah, Mahasiswa Surabaya Gelar Tausiah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tjahjo mengawali kunjungan kerjanya ke Aceh dengan mengunjungi Mapolresta Banda Aceh, Kamis, 28 Oktober 2021. Tjahjo melihat langsung proses pelayanan yang diberikan pihak kepolisian kepada masyarakat.
 
Tjahjo menekankan agar ASN dan Polri memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. ASN diminta jangan jangan duduk di kantor, tetapi turun langsung untuk menyerap aspirasi publik.
 
"Jujur, kami ASN mulai menirukan pers, dulu TV pasti ada reporternya, bawa kamera, ada yang wawancara," jelas Tjahjo.
 
Dalam kunjungan itu, Tjahjo memuji pelayanan yang diberikan Polresta Banda Aceh kepada masyarakat, khususnya dalam pengurusan surat izin mengemudi (SIM). Dalam setengah hari, ada sekitar 60 SIM diterbitkan.
 
"Saya kira di Banda Aceh cukup bagus, bersama Pak Joko (Kapolresta) tadi, sepintas kita melihat, 60 per hari saya kira ada kecepatan melayani, kesungguhan melayani itu sekarang yang diharapkan masyarakat," ungkap Tjahjo.
 
Dia juga menekankan agar tidak ada pungutan liar dalam pengurusan pelayanan publik di setiap kantor pemerintahan dan instansi polri di Indonesia. Mantan Menteri Dalam Negeri tersebut memastikan akan ada sanksi jika hal tersebut terungkap.
 
"Tidak ada pungli lagi di sini. Ini yang diinginkan jajaran kepolisian untuk meningkatkan pelayanan publik," ujar Tjahjo.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif