Kebakaran gudang penyimpanan dan produksi gula di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis (28/7/2022). (Dok. BPBD Kudus).
Kebakaran gudang penyimpanan dan produksi gula di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis (28/7/2022). (Dok. BPBD Kudus).

Kebakaran Hebat Hanguskan Gudang Pabrik Gula di Kudus

Media Indonesia • 28 Juli 2022 08:53
Kudus: Kebakaran hebat melanda sebuah gudang penyimpanan dan tempat produksi gula
di Dukuh Masin, Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus, pada Kamis dini hari. 28 Juli 2022. Bahan yang mudah terbakar membuat api dengan cepat membesar dan membakar seluruh bangunan gudang gula, ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah.
 
Diketahui gudang penyimpanan gula tersebut milik Purnomo, 51, warga Dukuh Masin, Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus. Dalam keterangan Kapolsek Dawe AKP Hadi Noor Cahyo menuturkan, kebakaran pertama diketahui warga pada Kamis sekira pukul 00.30 WIB.
 
"Kebakaran itu sekitar pukul 00.30 WIB. Saat itu saksi mendengar suara percikan api dari gudang," kata Hadi di Kudus, Kamis, 28 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengetahui kondisi api dengan cepat membesar, pihak saksi langsung menginformasi kepada Polsek Dawe agar ditindaklanjuti ke pemadam kebakaran. Kemudian empat mobil pemadam kebakaran BPBD Kudus dan Satpol PP berusaha menjinakan si jago merah.
 
Baca: Peternakan di Pasuruan Diduga Sengaja Dibakar, 1.000 Ekor Ayam Terpanggang

"Empat buah mobil pemadam, sekitar pukul 03.00 WIB berhasil memadamkan ap yang membakar gudang gula tersebut," jelas Hadi.
 
Selain membakar gudang, kebakaran juga membakar tebu siap giling, gula yang sudah siap jual, tiga tungku pembakaran, mesin giling, serta 1 unit mesin diesel.
 
Meski membakar ludes kondisi gudang penyimpanan gula, beruntung dalam insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun pemilik gudang mengalami kerugian yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
 
"Ada seratus bungkus gula yang sudah dikemas turut terbakar. Belum lagi mesin pembuat gula," ungkapnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif