Ilustrasi imunisasi campak rubella kepada anak. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha.
Ilustrasi imunisasi campak rubella kepada anak. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha.

6 Anak di Garut Suspek Terinfeksi Campak

Media Indonesia.com • 24 Januari 2023 17:46
Garut: Dinas Kesehatan Kabupaten Garut menemukan enam anak diduga tertular penyakit campak diawal Januari 2023. Sampel keenam anak tersebut masih diuji di laboratorium.
 
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani, mengatakan pihaknya masih menunggu hasil lab dari Biofarma Bandung. Dinas Kesehatan juga telah mengantisipasi penularan campak khususnya di kalangan anak-anak.
 
"Untuk angka kasus campak di Kabupaten Garut pada 2022 lalu cukup tinggi dan berdasarkan dari pendataan Dinas Kesehatan terdapat 173 kasus campak dan yang 55 anak di antaranya dinyatakan positif. Untuk sekarang ini akan menggencarkan imunisasi terhadap anak karena cakupan imunisasi bagi anak-anak di Garut masih rendah dan minimal harus 98 persen dan selama ini hanya baru 90,2 persen," katanya, Selasa, 24 Januari 2023.
 
Baca: Dinkes: Mataram Bebas Kasus Campak

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra, mengatakan, pihaknya sudah melakukan penanganan pada pasien diduga mengalami penyakit seperti campak. Sampel dari pasien sudah diambil untuk diperiksa ke Laboratorium Kesehatan di Bandung untuk memastikan penyakitnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit ada empat atau enam orang semuanya anak kecil dengan gejala seperti campak dan dibutuhkan waktu setidaknya dua pekan untuk bisa mengetahui terutama hasil pemeriksaan laboratorium. Karena, sekarang ada beberapa daerah mengirimkan sampel untuk diperiksa di laboratorium dan kemungkinan banyak dari daerah lain harus diperiksa," katanya.
 
Ia mengatakan, pasien diduga campak bukan baru ditemukan di Kota Tasikmalaya. Tahuh lalu, Dinas Kesehatan mengirimkan lebih dari 30 sampel pasien diduga campak. Dari satu kasus bisa ditangani dengan baik dan sekarang juga sudah sembuh kembali dan anak juga sudah menjalani imunisasi dasar lengkap.
 
"Imunisasi dasar anak sangat penting untuk dilakukan karena memang salah satu bentuk perlindungan terhadap anak terutamanya dari penyakit, salah satunya campak. Kami juga menghimbau para orang tua untuk mengajak anaknya melengkapi imunisasi dasar, kalau sudah vaksin kemungkinan tidak akan berat gejalanya," paparnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif