Ilustrasi pesepeda. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Ilustrasi pesepeda. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Produsen Sepeda di Semarang Mencatat Kenaikan 30%

Nasional sepeda Bisnis Sepeda
Mustholih • 23 Juni 2020 16:20
Semarang: Pandemi covid-19 membawa berkah bagi produsen sepeda di Semarang, Jawa Tengah. Perubahan gaya hidup masyarakat yang memprioritaskan kesehatan, membuat penjualan sepeda di Kota Semarang naik 30 persen.
 
"Ini di luar dugaan. Selama pandemi covid-19, kita justru mencatat kenaikan penjualan sekitar 20 sampai 30 persen. Ini kejadian fenomenal," kata Manajer Umum PT. Roda Pasifik Mandiri, Hendra Priatna, kepada Medcom.id, di Semarang, Selasa, 23 Juni 2020.
 
Roda Pasifik Mandiri merupakan produsen sepeda bermerek Pasific yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Semula manajemen Roda Pasifik memperkirakan akan megalami kesulitan keuangan saat pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dugaan kita, akan seperti pabrik-pabrik lain, menerapkan work from home, pembayaran 50 persen gaji karyawan, dan menunda pembayaran THR," ujar Hendra.
 
Baca:Pengusaha Kaget Penjualan Sepeda Meroket
 
Tapi, dugaan manajemen Roda Pasifik melenceng. Penjualan sepeda justru meroket, meski sempat mengalami kesulitan produksi saat awal pandemi korona.
 
"Omzet malah naik. Kondisi ini justru menolong kita. WFH tidak jadi, gaji terbayar, dan kebutuhan THR terpenuhi. Alhamdulillah, pendapatan karyawan kita normal," jelas Hendra.
 
Dia menerangkan, penjualan sepeda Pasific mulai menanjak sejak Maret 2020. Dia mengungkap, hingga Juni 2020 telah terjadi kenaikan penjualan hingga 30 persen.
 
"Maret kita agak goyang. Tapi, April, Mei, Juni, penjualan kita naik," terang Hendra.
 
Hendra menilai pandemi virus korona telah menyadarkan masyarakat untuk selalu menjaga kebugaran tubuh. Dia meyakini booming sepeda di Tanah Air bukan semata tren musiman.
 
"Ini perubahan pola hidup atau kesadaran dari masyarakat untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Karena wabah, olahraga menjadi kebutuhan masyarakat," beber Hendra.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif