Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

9 Orang Positif Omicron Terdeteksi di Jawa Tengah

Nasional jawa tengah pandemi covid-19 Omicron Varian Omicron
Mustholih • 21 Januari 2022 16:18
Semarang: Kasus Covid-29 varian Omicron terdeteksi masuk ke Jawa Tengah. Hasil uji whole genome sequencing menemukan sembilan pasien di beberapa daerah di Jawa Tengah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 varian Omicron.
 
"Dari hasil uji whole genome sequencing (WGS), ditemukan sembilan orang tersebut positif Omicron," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar  M Iqbal Alqudusy, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Menurut Iqbal, penyelidikan epidemiologi sedang dilakukan. Uji sampel WGS mengungkap varian Omicron terdeteksi berasal dari Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan dan Sukoharjo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 5 Warga Kota Tangerang Terpapar Omicron, 3 di Antaranya Penularan Lokal
 
"Masyarakat diimbau untuk taat prokes. Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan harus dibatasi," ujar Iqbal menegaskan.
 
Iqbal mengungkapkan varian Omicron memiliki daya tular 10 kali lebih cepat dari varian Delta. "Kesadaran masyarakat untuk taat prokes adalah yang utama. Tetap gunakan masker, membatasi mobilitasnya dan selalu cuci tangan," jelas Iqbal 
 
Polda Jateng, kata Iqbal, selain terus menggenjot vaksinasi, juga sudah menyiapkan strategi mengantisipasi ledakan covid-19 seperti tahun lalu.
 
"Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk meningkatnya jumlah warga yang terjangkit covid, Polda Jateng sudah siap dengan langkah kontijensi," tegasnya 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif