Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kalbar Wajibkan Tes PCR untuk Pelaku Perjalanan

Nasional Virus Korona natal dan tahun baru covid-19 Protokol Covid-19
Antara • 27 Desember 2020 13:32
Pontianak: Pelaku perjalanan yang masuk atau keluar dari Kalimantan Barat melalui bandara diwajibkan membawa dokumen hasil pemeriksaan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) yang menunjukkan negatif covid-19. Pemerintah Provinsi Kalbar menyebut hasil negatif antigen tidak cukup memastikan pelaku perjalanan bebas infeksi virus korona.
 
"Kami tidak ingin kerja tanggung-tanggung, makanya kami menerapkan standar penggunaan PCR yang akurasinya 98 persen agar kami benar-benar mengetahui apakah pengguna jasa penerbangan yang masuk dan keluar Kalbar ini membawa virus COVID-19 atau tidak," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimatan Barat Harisson di Pontianak, Kalbar, Minggu, 27 Desember 2020.
 
Ia mengatakan kebijakan tersebut akan diterapkan karena syarat hasil negatif tes antigen saja tidak cukup untuk memastikan pelaku perjalanan bebas dari infeksi virus korona. Lantaran, kata dia, sudah terbukti pada penumpang pesawat, yang 20 persen dari sampelnya ternyata positif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Langkah Pemerintah DIY Hadapi Peningkatan Kasus Covid-19
 
“Ini tentu sangat berbahaya, tidak hanya bagi penumpang yang satu pesawat dengan mereka yang terkonfirmasi ini, namun juga bagi masyarakat sekitar di tempat tujuannya," jelasnya.
 
Ia menambahkan, kegiatan pengawasan dan pemeriksaan penumpang pesawat di Bandara Supadio Kalbar juga ditingkatkan. Sehingga diharap bisa menekan risiko penularan virus korona semasa libur Natal dan tahun baru.
 
"Setelah liburan panjang, bila tidak dikontrol, kasus konfirmasi covid-19 akan jauh meningkat. Kalau sudah begitu, kasihan penumpang pesawat, kasihan petugas bandara, kasihan masyarakat yang berada di sekitar yang akan tertular karena kita menetapkan standar skrining yang tidak mumpuni," terangnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif