Pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing terlihat dari puncak Suroloyo, Magelang, Jawa Tengah. (MI/Ramdani)
Pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing terlihat dari puncak Suroloyo, Magelang, Jawa Tengah. (MI/Ramdani)

116 Personel Berupaya Padamkan Api di Gunung Sumbing

Nasional kebakaran gunung
Lina Herlina • 14 Agustus 2019 17:54
Magelang: Sebanyak 116 personel gabungan dari TNI, Polri, Perhutani, dan relawan berusaha memadamkan api di puncak Gunung Sumbing. Kini api telah merambat ke hutan lindung Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
 
Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto mengatakan pemadaman dilakukan dengan peralatan seadanya. Tim dibagi menjadi tiga, yakni pertama berangkat dari Adipuro sebanyak 54 personel, kedua melalui basecamp Butuh sebanyak 39 personel, dan dari basecampe Banaran sebanyak 17 personel.
 
"Pembagian tim dilakukan karena areal hutan yang terbakar cukup luas sekitar 38,8 hektare, yang merupakan padang sabana fungsi hutan lindung. Tepatmya di area hutan petak Mangli Kedu Utara, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang," ungkap Eko, di Basecamp Butuh, Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang, Rabu, 14 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eko melanjutkan kendala lainnya ialah angin kencang membawa api ke arah sabana yang penuh vegetasi rumput kering di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, dengan luasan mencapai lima hektare. Selain itu tidak ada sumber air di sekitar area kebakaran.
 
Koordinator Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS), Lilik Setyawan menambahkan lokasi kebakaran berada di hutan lindung milik Perhutani. Tapi masih jauh dari lokasi permukiman dan lahan pertanian.
 
"Kondisi masih aman, masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan membantu upaya pemadaman. Hanya saja Pehutani memperkirakan kerugian akibat kebakaran tersebut lebih dari Rp6.570.000," pungkas Lilik.
 
Baca:Kebakaran Gunung Sumbing Merambat ke Desa Temanggung
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif